oleh

India Punya Cara Unik untuk Atasi Pengemudi yang Gemar Ngebut

Kabar6-India disebut sebagai salah satu negara yang ‘berbahaya’ di dunia dalam urusan lalu lintas. Pada 2007 lalu, lebih dari 130 ribu orang kehilangan nyawa di jalanan India.

Fakta yang memilukan, sebanyak 85 persen dari angka tersebut adalah pejalan kaki dan pengguna sepeda. Kondisi inilah yang membuat Menteri Transportasi Jalan & Bina Marga dan Pelayaran India, Nitin Gadkari, menerapkan sebuah cara unik agar para pengemudi tidak mengebut atau melambatkan laju kendaraannya.

Cara apakah yang dimaksud? Melansir boredpanda, Nitin Gadkari melakukan uji coba dengan mengganti jalan penyeberangan (zebra cross) biasa dengan yang 3D (tiga dimensi). Ia berharap, dengan zebra cross 3D seperti ini para pelanggar batas kecepatan akan melambatkan kendaraan mereka. Dengan begitu, angka kematian atau kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

Ide ini muncul setelah ada keputusan untuk menghapus semua speed breaker (polisi tidur) di jalan raya seluruh India. Menurutnya, polisi tidur juga bisa membahayakan pengemudi yang ngebut. Karena itulah pemerintah setempat mulai mencari alternatif yang lebih aman. ** Baca juga: Ketimbang Menikah, Nenek 109 Tahun Ini Lebih Memilih Permen

Pemerintah berharap, dengan adanya cara alternatif ini maka angka kematian di jalanan di seluruh India bisa berkurang. Terlebih India ternyata adalah negara dengan angka kematian karena kecelakaan paling banyak di dunia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru