oleh

India Gratiskan Operasi Penggantian Kelamin untuk Transgender

Kabar6-Pemerintah India telah mengirimkan surat edaran ke seluruh rumah sakit pemerintah di ibu kota negara, perihal operasi penggantian kelamin untuk transgender.

Ya, melansir Timesofindia, mulai saat ini transgender dapat memanfaatkan Operasi Penggantian Kelamin (SRS) gratis di semua rumah sakit pemerintah Delhi yang memiliki Bangsal ‘Luka Bakar dan Operasi Plastik’ dan ahli bedah plastik. Pengumuman tersebut merupakan pencapaian ‘besar’ bagi Komisi Wanita Delhi (DCW), yang telah membahas masalah ini selama beberapa bulan dengan Departemen Kesehatan, Pemerintah Delhi.

Komisi mengatakan, karena kurangnya fasilitas untuk prosedur seperti itu di rumah sakit pemerintah, para transgender terpaksa pergi ke rumah sakit swasta untuk melakukan operasi, yang menelan biaya Rp200 juta hingga Rp300 juta.

“Ketika semua fasilitas di Rumah Sakit Pemerintah di Delhi gratis, mengapa transgender harus membayar prosedur yang sangat penting untuk hidup mereka,” kata Swati Maliwal, Kepala DCW. ** Baca juga: Gempar! Pria Anggota Sekte Setan di AS Mutilasi Seorang Wanita Sebagai Tumbal

Atas desakan Kepala DCW, Departemen Kesehatan sebelumnya telah membentuk sebuah komite di bawah Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan (DGHS), GNCTD untuk memeriksa masalah tersebut. DGHS kemudian memberi tahu Komisi bahwa Departemen Luka Bakar & Oparasi Plastik Rumah Sakit Guru Teg Bahadur telah mulai memberikan Operasi Penggantian Kelamin secara gratis.

Namun Maliwal kembali menulis kepada Departemen Kesehatan merekomendasikan bahwa fasilitas SRS harus tersedia di semua rumah sakit yang memiliki bangsal operasi ‘Burn & Plastic’ dan ahli bedah plastik.

Direktorat Layanan Kesehatan, dikatakan komisi, telah diberitahu bahwa semua rumah sakit pemerintah di Delhi yang memiliki Bangsal Luka Bakar dan Plastik sudah diminta untuk mulai memberikan operasi penggantian kelamin gratis kepada para transgender.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email