Imlek, Polisi Tiongkok Dibekali Kacamata Pintar untuk Antisipasi Kejahatan

Kacamata pintar untuk antisipasi kejahatan.(Techcrunch)

Kabar6-Menyambut Tahun Baru China (Imlek), para personel kepolisian Tiongkok telah dilengkapi kacamata pintar (smart glasses) yang bisa mendeteksi pelaku kejahatan.

Kacamata pintar yang terhubung dengan tablet berisi data base ‘orang-orang jahat’ itu, dilansir Techcrunch, bisa memberikan sinyal khusus kepada polisi jika orang jahat bersangkutan ada di sekitarnya.

dengan demikian, polisi bisa melakukan pengecekan melalui tablet. Jika orang yang terdeteksi oleh si kacamata pintar memang residivis, para polisi wanita segera melakukan koordinasi dengan para polisi pria. Dengan cara langkah antisipatif melalui deteksi dini si kacamata pintar, niat para penjahat pun bisa dicegah sebelum beraksi.

Sebelumnya diketahui, sebagai antisipasi untuk mendeteksi potensi terjadinya aksi kejahatan, Tiongkok telah memasang lebih dari 170 juta kamera CCTV di tempat-tempat strategis seperti bandara dan stasiun kereta untuk membantu kepolisian setempat.

Hal itu memudahkan polisi mendeteksi pelaku kejahatan melalui kamera CCTV. Untuk mencegah secara dini terjadinya aksi kejahatan, kepolisian Tiongkok tidak hanya memiliki data base berupa sidik jari dari warganya, tapi juga memiliki dokumentasi wajah secara digital.

Berkat data base wajah, kepolisian Tiongkok hanya membutuhkan waktu tiga menit untuk melakukan identifikasi terhadap orang-orang yang sedang dicurigai. ** Baca juga: Berbagai Hal Unik Perayaan Valentine di Beberapa Negara

Canggih!(ilj/bbs)