oleh

Ilmuwan Tiongkok Sukses Tumbuhkan Tanaman Kapas di Bulan

Kabar6-Ilmuwan Tiongkok berhasil menumbuhkan tanaman kapas untuk pertama kalinya di bulan. Tanaman tersebut dibawa oleh kendaraan robotika Chang’e 4 yang mendarat di sisi jauh bulan pada 3 Januari lalu.

Beberapa organisme termasuk tanaman kapas yang dibawa Chang’e 4, melansir SCMP, memang berada dalam kondisi yang mirip dengan di Bumi. Meskipun demikian, tetap harus menyesuaikan dengan radiasi antariksa serta gravitasi mikro.

Pimpinan proyek eksperimen bernama Xi Gengxin, mengatakan bahwa tantangan yang mereka hadapi adalah lingkungan yang terbatas sehingga sampel biologi harus dipilih dengan hati-hati.

“Berat Chang’e 4 mensyaratkan bahwa berat dalam eksperimen ini tidak bisa lebih dari tiga kilogram,” jelas Xi.

Tim Xi memilih lima sampel organisme biologis untuk dibawa ke bulan, yaitu bibit kapas, bibt kentang, bibit arabidopsis, ragi, serta telur lalat tanaman. Hasilnya, semuanya mati dengan cepat, hanya tanaman kapas yang akhirnya dapat tumbuh.

Pada akhirnya, tanaman kapas itu mati setelah berusia dua minggu. Saat malam hari di bulan, suhu sangat rendah sehingga tanpa pemanas eksternal, organisma takkan lama bertahan.

Tim Xi sebenarnya ingin mengirimkan hewan untuk eksperimen ini, termasuk kura-kura kecil. Namun dengan pertimbangan sangat terbatasnya oksigen dalam Chang’e 4, rencana itu dibatalkan. ** Baca juga: Maksud Hati Ingin Minum, Kepala Seekor Ular Kobra Malah Terjebak dalam Minuman Kaleng

Sementara itu Tiongkok akan melangsungkan misi Chang’e 6 ke bulan pada awal tahun depan. Kemungkinan saat itu, hewan yang bakal dikirim ke sana.(ilj/bbs)

Berita Terbaru