oleh

Ilmuwan Tiongkok Ciptakan Hibrida Babi-Monyet Pertama di Dunia

Kabar6-Diklain sebagai yang pertama kalinya di dunia, para ilmuwan Tiongkok menciptakan hibrida babi-monyet sebagai bagian dari upaya untuk menumbuhkan organ transplantasi manusia pada hewan.

Penemuan itu dilakukan dalam sebuah laboratorium di Beijing, Tiongkok. Melansir mirror.co.uk, dua anak babi terlahir dengan jaringan pada hati, liver, dan kulit diambil dari sel-sel monyet. Namun menurut State Key Laboratory of Stem Cell and Reproductive Biology di Beijing, kedua anak babi itu mati dalam waktu seminggu.

Percobaan ini mengikuti upaya kontroversial ilmuwan Spanyol, Juan Carlos Izpisua Belmonte, untuk menciptakan hibrida manusia-babi dua tahun lalu. Ilmuwan Tang Hai dan timnya menyuntikkan sel monyet yang dimodifikasi secara genetik ke lebih dari 4.000 embrio babi sebelum menanamkannya ke dalam induk babi.

Diketahui, sebanyak 10 anak babi lahir tetapi hanya dua di antaranya yang hibrida, di mana jaringan pada jantung, hati, limpa atau liver, paru-paru dan kulit berasal dari sel-sel monyet.

Kegagalan tersebut menurut dugaan para ahli, berkaitan dengan proses IVF (in vitro fertilisation) atau dikenal dengan istilah bayi tabung. Dijelaskan, proses IVF tidak chimerism karena proses pembuahan tidak bekerja dengan baik pada babi seperti halnya pada manusia dan hewan lainnya.

Kini ilmuwwan Tang mencari alternatif untuk mencoba menciptakan hewan yang sehat dengan proporsi sel monyet yang lebih tinggi. Jika berhasil, langkah selanjutnya adalah membuat babi dengan satu organ yang hampir seluruhnya terdiri dari sel primata.

Pada 2017 lalu, Belmonte mengklaim dia dan timnya telah menciptakan embrio manusia-monyet, di mana sel-sel manusia ditambahkan ke embrio monyet. ** Baca juga: Buronan Serah Diri ke Pihak Berwajib Setelah Polisi Berhasil Jawab Tantangannya di Facebook

Tetapi para kritikus telah memperingatkan bahwa pengembangan ilmiah seperti itu akan menciptakan dilema yang ‘mengganggu’ atas etika hibrida manusia-hewan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru