oleh

Ilmuwan Temukan Fosil Hutan Tertua di Dunia Berusia Ratusan Tahun

Kabar6-Ilmuwan bernama Profesor Deming Wang dari Peking University dan rekannya Min Qin dari Linyi University, berhasil menemukan fosil hutan tertua di dunia lewat sebuah penelitian.

Fosil hutan itu, melansir nationalgeographic, berusia sekira 400 tahun dan ditemukan di Xinhang, Tiongkok. Hutan tertua di dunia tersebut hampir serupa dengan hutan bakau, memiliki ukuran 250 ribu meter persegi, dan berasal dari periode Devon.

Tanaman yang telah menjadi fosil tersebut sebagian besar merupakan tanaman lycopsid (Guangdedendron micrim) yang diyakini dapat tumbuh hingga setinggi 7,7 meter. ** Baca juga: Agar Tamu Tidak Kesepian, Hotel Ini Sewakan Ikan Mas Koki

“Kepadatan yang besar serta ukuran pohon yang kecil bisa membuat hutan Xinhang sangat mirip dengan ladang tebu. Mungkin juga hutan lycopsid Xinhang sangat mirip dengan hutan bakau di sepanjang pantai karena mereka muncul di lingkungan yang sama dan memainkan peran ekologis yang sebanding,” jelas Deming Wang.

Penemuan ini sangat penting karena membantu dalam mengetahui seperti apa kehidupan 200 juta tahun sebelum dinosaurus atau mamalia muncul di Bumi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru