oleh

Ilmuwan Temukan 3 Buku Langka yang Ditutupi Racun

Kabar6-Para ilmuwan menemukan tiga buah buku langka berasal dari abad 16 dan 17 yang telah ditutupi oleh racun mematikan. Analisis X-ray dari buku-buku yang dikoleksi oleh University of Southern Denmark itu mengungkapkan konsentrasi besar arsenik pada sampul buku itu.

Buku tersebut, melansir Dailymail, tengah dipelajari karena sebelumnya telah ditemukan bahwa fragmen naskah abad pertengahan telah digunakan oleh penjilid buku untuk membuat sampulnya. Para peneliti menemukan, mengidentifikasi teks-teks Latin yang digunakan sulit dibaca karena lapisan cat hijau yang tebal mengaburkan huruf-huruf. Studi tentang lapisan pigmen hijau ini mengungkapkannya sebagai kandungan arsenik, salah satu zat paling beracun di dunia.

“Saat kami menempatkan sinar X-ray di permukaan hijau kami melihat jumlah kandungan arsenik yang sangat tinggi,” kata Kaare Lund Rasmussen, seorang profesor di University of Southern Denmark.

Sangat mungkin itu diterapkan pada buku-buku untuk melindungi mereka dari serangga dan hama. Tiga volume buku itu sekarang telah disimpan dengan label berbahaya dalam lemari khusus. ** Baca juga: Alasan Kucing Suka Bersembunyi Sebelum Mati

Pihak universitas berencana untuk membuat konten buku secara digital, untuk mengurangi setiap orang yang mau mempelajari buku itu menyentuh buku beracun tersebut.(ilj/bbs)

Berita Terbaru