oleh

Ilmuwan Jepang Temukan ‘Ramuan Ajaib’ Agar Awet Muda

Kabar6-Nyaris sebagian besar orang ingin terlihat awet muda. Karena itulah ada banyak cara yang dilakukan agar tampak selalu awet muda, antara dengan rutin perawatan di klinik kecantikan, atau bahkan melakukan operasi plastik.

Nah, para ilmuwan dari Tokyo Medical and Dental University, Jepang, menemukan ‘ramuan ajaib’ agar kita bisa selalu terlihat awet muda. Berdasarkan temuan, melansir Kompas, protein mampu mendorong ‘kompetisi sel’ untuk menjaga kulit terlihat lebih sehat. Menurut teori kerusakan DNA, sel manusia menjadi rusak seiring bertambahnya usia. Ini terjadi karena sejumah hal seperti faktor lingkungan, sinar ultraviolet, pola makan yang buruk, dan alkohol.

Dalam riset ini, peneliti menemukan protein bernama COL17A1 mampu menjaga kulit tetap utuh dan tidak terganggu dengan menjaga kebugaran jaringan. Hal yang perlu diingat, protein tersebut tentu tidak bisa membebaskan kita dari kematian.

Menurut ilmuwan dari the Japanese university’s Stem Cell Biology department, hal semacam ini terjadi karena adanya proses pengusiran sel yang lebih lemah sambil mendorong produksi sel yang lebih kuat. “Sel induk yang rusak atau tertekan dapat dihilangkan secara selektif oleh sel induk utuh setiap hari di kulit kita,” kata Emi Nishimura, pemimpin riset.

Riset ini dilakukan dengen subjek penelitian berupa tikus yang memiliki sifat serupa dengan kulit manusia. Hasilnya, penerapan senyawa ini pada kulit dengan luka yang tebal secara signifikan mendorong perbaikan luka. Ini juga menunjukkan adanya regenerasi kulit dan mengurangi penuaan pada kulit.

Sebuah studi sekunder tentang temuan ini yang dilakukan oleh Nature mengklaim, sel sehat pada mamalia juga dapat secara efisien mengisi kembali jaringan dewasa, menggantikan sel yang tidak layak atau rusak.

Profesor Ganna Bilousova dan James DeGregori, ahli dermatologi, menambahkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Jepang ini memberikan ‘pembuktian prinsip’ yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan.

Ditambahkan Nishimura, temuan dari riset yang dipimpinnya ini suatu hari nanti bisa menghasilkan prospek terciptanya krim atau tablet yang dirancang untuk menghentikan kerusakan kulit sekaligus mendukung perbaikannya. “Kami akan bekerjasama dengan perusahaan farmasi atau kosmetik untuk penggunaan klinis bahan kimia,” katanya. ** Baca juga: Wanita Ini Hasilkan Uang Hingga Miliaran Hanya dari Kaus Kaki Bekas

Wah, kabar baik untuk Anda yang selalu ingin tampil awet muda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru