oleh

Ilmuwan Ciptakan ‘Super Komputer’ yang Cara Kerjanya Mirip Otak Manusia

Kabar6-Super komputer yang dinamakan dengan mesin Spiking Neural Network Architecture (SpiNNaker) berhasil diciptakan oleh tim peneliti dari Universitas Manchester. Mesin tersebut mempunyai satu juta prosesor dan mampu mengolah 200 triliun tindakan tiap detik.

Profesor Steve Furber, illmuwan yang memimpin penelitian, menjelaskan bahwa cara kerja super komputer ini seperti otak manusia. Profesor Furber dan timnya telah bekerja selama lebih dari satu dekade dan menelan biaya penelitian yang sangat besar.

Setelah 12 tahun membangun mesin SpiNNaker, dan menghabiskan dana Rp233 miliar, melansir nbcnews, tim peneliti akhirnya berhasil menyelesaikan super komputer tersebut. Dengan pengolahan data super cepat, mesin ini diklaim dapat memodelkan lebih banyak neuron biologis secara real time, dibandingkan dengan mesin lain yang pernah ada.

Tidak seperti komputer ‘tradisional’, super komputer ini tidak berkomunikasi dengan mengirim sejumlah besar informasi dari titik A ke titik B melalui jaringan standar. Sebaliknya, ia meniru arsitektur komunikasi paralel otak manusia dengan mengirimkan sejumlah kecil informasi ke tujuan berbeda secara bersamaan.

“Kami pada dasarnya menciptakan mesin yang lebih berfungsi seperti otak manusia daripada komputer tradisional. Tujuan utama proyek ini adalah satu juta core dalam satu komputer untuk aplikasi pemodelan otak real-time, dan kami telah mencapainya,” ungkap Furber yang merupakan profesor teknik komputer di Universitas Manchester.

SpiNNaker adalah langkah pertama manusia menuju proses pemodelan komputer yang meniru cara kerja otak manusia. Sistem tersebut akan menjalankan simulasi real time skala besar dari berbagai wilayah otak, seperti Ganglia Basal.

Wilayah otak Ganglia Basal merupakan area otak yang biasanya terkena penyakit Parkinson. Sistem juga bisa diadaptasikan untuk menangani robot dengan kecerdasan buatan, SpOmnibot.

Robot tersebut diharapkan dapat menavigasi dan menafsirkan objek di dunia nyata. ** Baca juga: Kesal Dipaksa Bangun Tidur, Pria Italia Habisi Nyawa Kedua Orangtuanya

Dijelaskan Profesor Furber, ilmuwan dan ahli saraf bisa menggunakan SpiNNaker untuk membuka rahasia bagaimana otak manusia bekerja. Sistem bisa juga diaplikasikan ke dalam robot, sehingga mereka dapat berjalan, berbicara, dan bergerak dengan fleksibilitas tinggi namun dengan daya rendah.

Penemuan super komputer yang akan meniru otak manusia merupakan langkah yang cukup berarti dalam menyambut era kecerdasan robot.(ilj/bbs)

Berita Terbaru