oleh

Ikan Raksasa Misterius Ditemukan Terdampar di Pantai California

Kabar6-Para ahli biologi dikejutkan dengan penemuan seekor ikan raksasa misterius yang terdampar di sebuah pantai di Santa Barbara, California, Amerika Serikat.

Ternyata, ikan tersebut termasuk spesies ikan Mola-mola yang bernama latin Mola tecta. Menurut para ahli, ikan ini seharusnya hidup di belahan bumi selatan, jauh dari California.

Ikan mola, melansir sciencealert, menyerupai batu giling berbentuk bulat pipih, berat, berwarna abu-abu, dan digunakan untuk menggiling biji-bijian. Ikan Mola-mola sepanjang 2,1 meter di Santa Barbara ini pertama kali ditemukan oleh karyawan magang Coal Oil Point Reserve yang bekerja di lepas pantai. Dia lalu memberi informasi tersebut kepada spesialis konservasi, Jessica Nielsen. Selanjutnya, Nielsen mengambil beberapa foto ikan tersebut dan mengunggahnya ke laman Facebook.

Foto-foto di Facebook Nielsen itu rupanya dilihat oleh ahli biologi kelautan dari UC Santa Barbara, Thomas Turner, yang kemudian datang ke lokasi pantai dan menerbitkan temuan tersebut di situs web komunitas pengamat alam liar iNaturalist.

Postingan Turner ini ternyata menjalar hingga ke ilmuwan yang pernah meneliti ikan ini. Foto-foto yang diunggah di web iNaturalist mendapat tanggapan luar biasa dari ahli ikan Australia, Marianne Nyegaard, yang pernah memimpin penemuan Mola tecta pada 2017 lalu.

“Tom Turner dan Jessica Nielsen memang menemukan ikan itu dan telah memotret serta memeriksanya, dan mengambil sampel jaringan. Foto tersebut sangat jelas, dan tidak ada keraguan mengenai identitasnya (Mola tecta),” kata Nyegaard.

Pada 2017, sekelompok peneliti yang dipimpin Nyegaard berhasil menemukan spesies Mola-mola di perairan Selandia Baru dan kemudian mendeskripsikan dan memberi nama ilmiah ikan ini sebagai Mola tecta.

Menurut para peneliti, spesies ikan ini hanya pernah ditemukan di bumi bagian selatan, seperti perairan Selandia Baru, Australia, Afrika Selatan, dan Chile bagian selatan.

Terkait terdamparnya ikan Mola tecta di California pada awal 2019 ini, para peneliti belum bisa mengidentifikasi penyebabnya. Diduga, ikan besar tersesat karena perubahan iklim, yang membuatnya berperilaku menyimpang dan pergi jauh dari wilayah habitatnya. ** Baca juga: Sebelum Lahir, Bayi Ini Sudah Punya Ratusan Ribu Followers di Instagram

Para ilmuwan berpendapat, temuan ini bisa menjadi penelitian yang sangat menarik, karena penyebab ikan tersebut bepergian sejauh itu dari habitatnya adalah sesuatu hal yang misterius.(ilj/bbs)

Berita Terbaru