oleh

Ikan Bertangan Terekam di Dasar Laut Tasmania Setelah Selama 22 Tahun Menghilang

Kabar6-Penampakan Brachiopsilus dianthus atau ikan bertangan yang langka di dasar laut Tasmania terekam kamera, padahal hewan asli Australia ini terakhir kali terlihat di lepas pantai Tasmania pada 1999 lalu.

Ikan tangan diklasifikasikan sebagai hewan yang terancam punah, dan penampakannya hanya tercatat sebanyak empat kali. Ikan ini terbilang unik karena tampak berjalan dengan sirip mirip tangan. Dia berenang seperti merangkak di sepanjang dasar laut.

Seorang ahli biologi kelautan bernama Neville Barrett, melansir republicworld, mengatakan bahwa temuan itu menawarkan harapan baru bagi kelangsungan hidup spesies, yang sebelumnya diperkirakan hidup di perairan angkal. “Kejutan terbesar adalah menemukan handfish merah muda di taman pada kedalaman sekira 120 meter,” kata Barrett yang merupakan profesor di University Tasmania.

Ditambahkan Barret, penemuan ikan ini merupakan kabar baik dan menawarkan harapan untuk kelangsungan hidup ikan handfish merah muda di masa depan. ** Baca juga: French Fries Langka di Jepang, 3 Jumbo Jet Berisi Kentang Dikirim dari AS

Dalam video tersebut, tampak hewan kecil ini tengah merangkak dengan sirip tangannya. Namun dia diganggu oleh lobster batu dan melesat ke depan, berenang melewati kamera.

Ashlee Bastiaansen yang juga dari Universitas Tasmania menerangkan, tangan makhluk itu yang menarik perhatiannya. “Saya sedang menonton salah satu video kasar kami dan ada ikan kecil yang muncul di tepian karang yang terlihat agak aneh,” kata Bastiaansen.

Taman laut, yang sedikit lebih besar dari Swiss, berisi celah besar di kerak Bumi, tempat kehidupan laut ditemukan di kedalaman lebih dari 4.000 meter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru