oleh

Idul Qurban, Pemkab Tangerang Kerahkan 107 Petugas Pengawas

Kabar6 – Pemerintah Kabupaten Tangerang siap mengerahkan ratusan petugas saat perayaan Idul Qurban. Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah bertepatan pada Jum’at, 31 Juli 2020 besok.

“Sebanyak 107 petugas,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan di Tigaraksa, Rabu (15/7/2020).

Ia jelaskan, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 juncto Nomor 14/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, pemerintah pusat dan daerah berkewajiban untuk mengantisipasi ancaman kesehatan masyarakat yang bersumber dari penyakit hewan dan menular ke manusia (zoonosis).

Pemerintah, lanjut Azis, juga mesti menjamin produk hewan yang beredar untuk dikonsumsi masyarakat memenuhi persyaratan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

“Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban maupun daging atau jeroan hewan kurban di wilayah Kabupaten Tangerang,” jelasnya.

Aziz menambahkan, ke-107 petugas-petugas itu yang nanti akan bertanggung jawab menjamin kesehatan hewan kurban dan kesehatan daging hewan kurban yang akan dikonsumsi masyarakat.

**Baca juga: Pembagian Daging Qurban Disarankan Tidak Pakai Kupon.

Sehingga daging hewan kurban yang beredar memenuhi kriteria ASUH terhitung sejak 21 Juli sampai 5 Agustus 2020.

“Dalam pelaksanaan pembinaan dan pengawasannya bersinergi dan/atau berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kabupaten/kecamatan dan MUI Kabupaten Tangerang,” terang Azis.(Vee)

Berita Terbaru