oleh

Idul Qurban, 54 Dokter Hewan Disiagakan di Tangsel

Kabar6-Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggandeng tenaga dokter hewan selama musim Idul Adha 1441 Hijriah ini. Para dokter hewan dikerahkan untuk memantau kondisi kesehatan hewan ternak qurban yang ada di lapak-lapak pedagang.

“54 dokter hewan yang diperbantukan,” kata Kepala Seksi Peternakan DKP3 Kota Tangsel, Sandra Larasari saat dikonfirmasi kabar6.com, Selasa (7/7/2020).

Menurutnya, ada ketentuan yang mengatur tata cara jual beli hewan ternak qurban. Yaitu, jaga jarak fisik antara pekerja minimal satu meter saat aktivitas. Penerapan alat pelindung diri.

Kemudian juga pemeriksaan kesehatan awal dari hewan qurban yang diperdagangkan. “Penerapan kebersihan dan sanitasi (lapak pedagang) cuci tangan pakai sabun atau CTPS atau hand sanitizer,” jelas Sandra.

**Baca juga: DKP3 Tangsel: Hewan Qurban Bukan Penular Covid-19.

Ketentuan di atas, lanjutnya, dasar dari surat edaran Kementerian Pertanian dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan tentang Pelaksanaan Kegiatan Qurban dalam situasi wabah bencana non alam Covid-19.(yud)

Berita Terbaru