Idap Kondisi Langka, Wanita Ini Hanya Bisa Makan Nasi & Sayur

kabar6.com
Salah makan akan menyebabkan Willis mengalami bengkak.(Dailymail)

Kabar6-Sophie Willis (25) tampaknya tidak bisa merasakan bagaimana lezatnya aneka makanan yang ada di dunia ini. Apa yang sebenarnya telah terjadi? Rupanya, Willis mengidap kondisi langka yang disebut Mast Cell activation syndrome, sebuah kondisi langka di mana sel-sel darahnya tidak bisa bereaksi terhadap jenis makanan dan aroma tertentu. Dengan kondisi imunologis ini, nyawa Willis bisa terancam kapan saja jika ia mengalami alergi atau reaksi.

Akibatnya, wanita asal London, Inggris, ini alergi pada semua makanan, kecuali nasi dan sayur mayur. Dilansir Dailymail, Willis yang berprofesi sebagai desainer kerudung pengantin (wedding veil) ini tidak boleh mengonsumsi makanan yang mengandung ragi, daging, ikan, produk berbahan susu, dan produk yang mengandung bahan pengawet.

“Aku tak bisa makan apa pun kecuali sayur dan nasi, kalau aku makan yang lain aku akan kolaps dan mengalami shock anafilaktik,” ujarnyanya.

Awalnya, Willis yang sering lari maraton dan makan malam bersama teman-temannya bisa mengalami reaksi alergi sampai tujuh kali dalam sehari. Hingga pada 2014, ia jatuh sakit. Sejak saat itulah ia sering pingsan beberapa kali sehari, tenggorokannya pun sering menutup dan wajahnya bengkak.

Willis harus menjalani berbagai tes dan mengunjungi lebih dari 30 rumah sakit untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Barulah pada Agustus 2016, Willis diketahui mengidap Mast Cell activation syndrome. Sel mast adalah sel yang mengandung granula yang kaya akan histamin dan heparin. Salah satu fungsinya untuk mencegah infeksi. Namun, pada penderita Mast Cell activation syndrome, sel mast dalam tubuhnya tidak bisa bekerja dengan baik, sehingga sering menimbulkan gejala seperti alergi.

“Saat aku mengonsumsi makanan tertentu, sel-sel mast dalam tubuhku bereaksi dengan buruk, kondisi ini digabungkan dengan dua kondisiku yang lain membuatku pingsan,” kata Willis. Diketahui, wanita ini juga mengalami kelainan jaringan penyambung dan masalah jantung.

Apabila Willis nekat mengonsumsi maka tenggorokan, mata, dan bibirnya bisa bengkak dan seluruh tubuhnya akan terasa sakit. Willis juga tidak tahan dengan paparan sinar matahari dan suara bising berlebihan. ** Baca juga: Di Desa Ini Populasi Kucing Lebih Banyak Ketimbang Manusia

Sehat adalah karunia yang tak ternilai harganya.(ilj/bbs)