oleh

Ibu Hamil Melahirkan di Jalan, Begini Kata Bupati Lebak Iti

Kabar6-Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta masyarakat melihat secara utuh kejadian yang dialami Sari (28) warga Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten. Ia terpaksa harus melahirkan di jalan saat hendak menuju puskesmas.

“Hanya ngelihat gambarnya aja bukan videonya. Di video itu kan ada petugas (Kesehatan) kami, jadi clear kan lah itu,” kata Iti, seusai Rakor Forum HRD, di Gedung PKK, Rangkasbitung, Rabu (11/3/2020).

Bupati yang baru mendapat penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP dari Mendagri Tito Karnavian ini, berharap, publik tidak menjelekkan pemerintah daerah.

“Jangan selalu mendiskreditkan kami dan menganggap kami tidak bekerja apa-apa. Sisi lainnya, petugas cepat tanggap menangani,” ujar Iti.

Iti mengatakan, saat akan menuju puskesmas pembantu (Pustu) di Desa Karang Nunggal, sepeda motor yang ditumpangi Sari mengalami pecah ban.

**Baca juga: Wanita Hamil di Lebak Melahirkan di Jalan, Begini Sulitnya Akses ke Puskesmas.

“Karena ban nya pecah, dia duduk di jalan. Karena sudah kontak dengan petugas dan petugas datang ditolong proses persalinannya. Alhamdulillah selamat,” katanya.

Sari melahirkan di pinggir jalan saat akan menuju puskesmas pada Senin, 9 Maret 2020. Sedangkan menuju Pustu Karang Nunggal, Sari yang berada di kampung Pasir Sempur harus menempuh jarak berkilo-kilometer dengan kondisi jalan yang di beberapa titik sulit dilalui kendaraan lantaran masih bebatuan dan tanah. Sementara jarak ke Puskesmas Cirinten mencapai 20 kilometer.(Nda)

Berita Terbaru