oleh

Ibrohim Calon Tunggal KNPI Kota Tangerang

Kabar6-Sidang pleno penetapan calon ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang, Kamis (20/9) berlangsung panas. Perdebatan penetapan calon terbentur pada masalah persyaratan batas usia calon yang diharuskan tidak melebihi 40 tahun saat Musyawarah Daerah (Musda) berlangsung 20-21 September 2012, sesuai amanat AD/ART KNPI.

Namun demikian, Presidium Sidang Pleno Musda KNPI Kota Tangerang dalam keputusannya akhirnya menetapkan bahwa hanya satu calon yakni Sekretaris DPD KNPI Kota Tangerang Ibrohim, yang mana nama tersebut dinyatakan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, yakni tidak berusia lebih dari 40 tahun (38 tahun 5 bulan) dan memenuhi syarat dukungan sebanyak 1 pengurus kecamatan (PK) dan 4 organisasi pemuda (OKP).

Sedangkan dua nama lainnya, masing-masing Khotibul Imam yang lolos persyaratan batas usianya, yakni 34 tahun 2 bulan tetap dinyatakan tidak lolos lantaran hanya menyerahkan 1 dukungan PK dan 3 dukungan OKP.
Sementara Nawawi yang juga mantan Ketua PK Neglasari gagal lolos pencalonan lantaran dianggap sudah melebih usia 40 tahun, yakni 40 tahun 4 bulan.

“Kami sudah tetapkan dalam pleno bahwa hanya Ibrohim yang lolos semua persyaratan. Sedangkan Nawawi dan Khotibul Imam gagal lolos karena tidak memenuhi persyaratan sesuai amanat AD/ART, yakni soal dukungan PK dan OKP, serta syarat minimal usia 40 tahun,” jelas Mulyadi, Ketua Pelaksana Musda (OC) Musda KNPI Kota Tangerang.

Menurut Mulyadi, meskipun dihasilkan calon tunggal, prosesi Musda KNPI Kota Tangerang tetap akan dilaksanakan sesuai tahapan. Setelah ditetapkan 1 calon tunggal dari 3 bakal calon (balon), proses selanjutnya adalah proses pemilihan yang akan di langsungkan di Ciloto, Bogor, Jumat (21/9).

“Kalau hanya calon tunggal, maka tidak akan dilakukan pemilihan namun akan aklamasi. Tapi di puncak sana kami tetap akan membahas skema penting organisasi dan pembahasan laju organisasi kedepan,” tandasnya.

Penuh Intrupsi
Sementara itu, sebelum Presidium Sidang Pleno Penetapan Calon Ketua KNPI Kota Tangerang menetapkan siapa saja yang lolos persyaratan pencalonan, sejumlah peserta Musda banyak mengajukan intrupsi yang cenderung mengarah pada sinisme suasana panas.

Peserta Musda KNPI Kota Tangerang pun menghujat ketetapan yang akan ditetapkan panitia. Tak sedikit diantara pendukung Nawawi dan Khotibul Imam yang sampai beberapa kali mengajukan intrupsi untuk berargumentasi soal aturan main Musda. Salah satunya, yang banyak diperdebatkan adalah soal batasan usia.
“Usia Nawawi masih 40 tahun, masih bisa dicalonkan, hanya lebih 4 bulan. Berilah kesempatan,” kata Mawi, salah satu pendukung Nawawi.

Pernyataan Mawi ini disambut sebagain besar pendukung Nawawi dan Khotibul Imam. Berkali-kali mereka menyatakan persyaratan yang ditetapkan Panitia yang dinilai tidak sesuai AD/ART.

Perang pendapatat sempat didengungkan dengan nada emosional dari para pendukung kedua calon ini. Namun, setelah dibahas lebih santai akhirnya sidang pleno dapat ditutup dengan semua peserta menerimanya.(iqmar)

Berita Terbaru