oleh

HUT KORPRI ke-48, Ini Pesan Presiden Jokowi

Kabar6-Hari ulang tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-48 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, pada Jumat 29 November 2019 mendapat beberapa pesan dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Dibacakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, Jokowi berpesan, saat ini Negara Indonesia berada di dunia yang berubah dengan cepat, yang sangat berbeda dari 20, 30, atau 40 tahun yang lalu.

“Revolusi industri telah mendestruksi segala lini kehidupan bukan hanya cara dalam berkomunikasi, tetapi juga dalam cara mengelola pemerintahan,” ucap Tjahjo.

Tjahjo melanjutkan, disisi lain persaingan antar negara juga semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar, dan mempertahankan talenta-talenta hebat yang dipergunakan untuk memajukan negara ini.

“Dalam menghadapi perubahan dan persaingan itu kita tidak boleh takut, kita harus menghadapi persaingan tersebut dengan cara-cara baru dengan terobosan-terobosan baru, dengan kecepatan, kreativitas dan inovasi adalah kata kunci,” jelasnya.

Cara-cara lama, lanjut Tjahjo, yang monoton, yang rutin, yang tidak kompetitif sudah tidak bisa diteruskan lagi.

“Kita harus bisa lebih cermat dan lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain,” paparnya.

Karena itu, Tjahjo menjelaskan, Jokowi mengajak seluruh jajaran anggota Korpri untuk mengambil jalan perubahan, melakukan Reformasi secara berkelanjutan, tidak ada lagi pola pikir lama, tidak ada lagi kerja linear, tidak ada lagi kerja-kerja rutinitas.

“Birokrasi harus berubah, kita harus membangun nilai-nilai baru, para pekerja dengan cepat beradaptasi dengan perubahan, saya mengajak seluruh anggota Korpri untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi-inovasi,” tegasnya.

Tjahjo menambahkan, pelayanan yang ruwet yang berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat harus dipangkas, kecepatan melayani menjadi kunci daripada reformasi birokrasi.

“Orientasi birokrasi harus betul-betul berubah, bukan lagi berorientasi kepada prosedur, tetapi lebih berorientasi kepada hasilnya,” terangnya.

Tjahjo melanjutkan, Jokowi selaku Presiden dan Penasehat Korpri, Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun kepada seluruh anggota Korpri dimanapun berada, baik yang ada di tanah air maupun yang berada di perwakilan Republik Indonesia diluar negeri dan khususnya yang hadir ditempat ini.

“Saya ingin menyampaikan salam sekaligus apresiasi khusus kepada anggota Korpri yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan, dan wilayah-wilayah terluar,” ucapnya.**Baca juga: Di ICE BSD, Pameran Ikan Hias Terbesar di Dunia Dibuka Edhy Prabowo.

“Mereka semua adalah Abdi negara yang menjalankan tugas yang penuh dedikasi untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air, Terima kasih atas pengabdian yang saudara-saudara berikan kepada rakyat bangsa dan negara,” tutupnya.(eka)

Berita Terbaru