oleh

HUT ke-14, Pj Gubernur Banten Puji PAD Tangsel Capai 50 Persen dari Postur R-APBD 2023

Kabar6-Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al-Muktabar menghadiri Peringatan Hari Jadi atau hari ulang tahun (HUT) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) di Gedung DPRD Kota Tangsel, Sabtu 26 November 2022.

Al-Muktabar memuji pendapatan asli daerah (PAD) Kota Tangsel dari postur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun anggaran 2023 yang kurang lebih mencapai 50 persen.

“Dengan PAD kurang lebih 50 persen, artinya bahwa kemandirian dari Kota Tangsel itu sudah makin baik, tidak terlalu bergantung secara maksimal kepada pemerintah atasnya provinsi maupun pusat,” ujarnya kepada para awak media.

Menurut Al-Muktabar, itu adalah ciri daerah otonomi yang sesuai dengan cita-cita dalam mendirikan daerah otonomi baru.

“Bahwa 51 persen kurang lebih PAD sendiri dari sektor pajak, retribusi dan semua pendapatan lain-lain yang sah bagi APBD, itu terkomposisikan disana, saya pikir ini adalah suatu komposisi yang baik,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, akan terus meningkatkan PAD untuk tahun-tahun selanjutnya.

Menurut Benyamin, PAD itu harus terus meningkat, karena indikatornya terdapat pajak daerah atau PAD yang akan mencapai titik puncaknya.

“Kalau PAD harus terus meningkat, karena begini indikatornya, ada pajak daerah, atau pendapatan asli daerah yang akan mencapai titik puncaknya, misalkan BPHTB, karena lahan sudah habis tidak ada yang dibangun lagi,” ungkapnya.

Dijelaskan Benyamin, kedepan ada perkembangan PAD yang luar biasa, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), kemudian ada pajak reklame, dan mata pajak lainnya.

“Ini yang harus kita seimbangkan dan menjadi penyeluruh mata pendapatan asli daerah itu akan menjadi perhatian kami untuk terus ditingkatkan, itu menjadi pertanda perekonomian daerah,” paparnya.

**Baca juga: HUT Tangsel ke-14, Wali Kota Sampaikan Tiga PR Besar

“PAD tertinggi masih Masih BPHTB, kemudian PBB, dan Pajak Hotel dan Restoran, tiga serangkai itu yang besar,” tutupnya.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyetujui Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun anggaran 2023 sebesar p4.307.664.500.743,00, pada Kamis 24 November 2022.(eka)

Print Friendly, PDF & Email