oleh

Hunian Minimalis? Konsep Interior Clean Look And Warm Solusinya

Kabar6-Sebagian besar pengembang perumahan di kawasan Tangerang dan sekitarnya, terkesan lebih fokus membangun rumah-rumah dengan konsep minimalis. Property minimalis layak huni yang tidak menghabiskan lahan tanah yang terbatas.

Agar hunian minimalis terlihat lapang dan luas, haruslah diberi sentuhan minimalis yang tepat. Karena, bila sentuhan itu ditiadakan, dapat dipastikan hunian minimalis itu terlihat sempit dan menjemukan.

Simma Interior Design and Consultant, yang berlokasi di Ruko Mendrisio 3, Blok D/9, Paramount, Gading Serpong, Tangerang, dapat memberikan solusi apik dan cantik untuk hunian minimalis yang tetap mengedepankan fungsional dan estetikanya.

Gaby sang desainer menjelaskan, untuk hunian kecil alias minimalis, peran interior desain menjadi sangat penting.

Agar dapat menyulap hunian kecil menjadi terkesan luas, nyaman, tepat fungsi serta matchingnya aksen warna dan ornament-ornamen bahan serta aksesoris yang diusung.

“Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pengolahan bentuk dalam setiap desain pada sebuah ruangan,” katanya kepada kabar6.com.

Dalam ruangan yang sempit, sebaiknya tidak menggunakan bentuk dan desain yang terlalu rumit. Untuk kasus ini dapat diterapkan konsep clean look and warm.

Selain pengolahan bentuk yang tidak terlalu rumit, konsep ruangan clean look and warm bisa di ciptakan melalui permainan warna finishing yang digunakan.

Penggunaan warna putih dan warna hangat seperti coklat, ivory white (putih gading) dapat mendukung konsep ruangan tersebut.

“Tentu tujuannya adalah agar ruangan terlihat lebih bersih (tidak rumit), lebih luas, dan terkesan hangat,” jelasnya.

Selain warna diatas, dapat juga dipakai beberapa warna sesuai keinginan sang empunya rumah sebagai warna aksen, seperti warna hijau, orange, atau merah.

Hal Kedua yang diperhatikan adalah pemilihan material. Material juga mempunyai peranan penting guna menunjang terciptanya kesan yang luas pada sebuah ruangan.

Contoh dari material tersebut adalah cermin atau kaca tembus padang. Cermin yang diletakkan pada sebuah ruangan dapat memberi efek lebih besar dan luas pada ruangan, hal ini disebabkan akibat pantulan bayangan dari cermin tersebut.

Cermin pun memiliki banyak warna seperti, bronze, grey, dark grey black hingga cermin clear. Setiap warna pada masing-masing cermin tentunya mempunyai efek masing-masing.

“Seperti cermin bronze dapat menimbulkan efek hangat dan elegan, sedangkan cermin grey mempunyai kesan lebih maskulin dibanding dengan cermin bronze,” paparnya.

Hal Terakhir yang penting diperhatikan adalah penggunaan motif yang pas. Motif atau tekstur pada sebuah interior ruangan kebanyakan melibatkan selera penghuninya. Ruangan yang tidak terlalu luas dapat menggunakan motif yang cenderung kecil hingga sedang.

“Penggunaan motif yang besar mengakibatkan ruangan tersebut terkesan penuh,” terangnya. **Baca juga: AREBI Banten Harus Siap Hadapi AFTA 2015.

Pemilihan aksesoris yang tepat juga harus diperhatikan, agar konsep interior dalam suatu hunian itu menjadi sinkron antara tema dan style yang kompak, serasi dan tentunya sesuai dengan karakter penghuni itu sendiri.(fitrah)

Berita Terbaru