oleh

Hukuman Mati Terbanyak Ada Di Negara Ini

IlustrasiKabar6-Hukuman mati selalu menimbulkan pro dan kontra, dan kini udah mulai jarang dilakukan karena dianggap melanggar HAM. Banyak negara sudah menghapuskan hukuman mati. Namun berikut adalah beberapa negara yang masih menerapkan hukuman mati seperti yang dirilis Amnesty Internasional.

 

 

1. Tiongkok

Merupakan negara yang paling banyak melakukan hukuman mati. Pemerintah Tiongkok melakukan hukuman mati terhadap orang orang yang menyengsarakan rakyat. Hukuman mati itu kadang dilakukan di depan rakyat, agar mereka tidak melakukan kejahatan yang merugikan bangsa dan negara.

 

2. Iran

Merupakan negara kedua yang paling banyak melakukan hukuman mati. Menurut data Amnesty, setidaknya dalam satu dekade ada 314 orang sudah dihukum mati. Iran sangat tegas dalam menegakkan hukum syariat Islam. Kematian para terdakwa diyakini sesuai dengan perbuatan mereka sudah berlaku kejam terhadap sesama.

 

3.Irak

Selain kasus terorisme, beberapa kasus pelanggaran syariat Islam juga dikenakan hukuman mati.

 

4. Arab Saudi

Arab Saudi merupakan negara yang paling banyak melakukan hukuman mati, bahkan terhadap warga negara asing yang melakukan pelangaran hukum di negara tersebut melalui hukuman pancung. Mereka mendapat hukuman mati karena melanggar syariat Islam antara lain berzina dan membunuh.

 

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat berada di peringkat kelima terbanyak melakukan praktik eksekusi. Pembunuhan sadis kelas satu dan kejahatan kemanusiaan menjadi alasan utama eksekusi bisa dilangsungkan. Di Amerika, hukuman mati dilakukan tertutup.(ilj)

**Baca juga: Ini Dia Hewan-Hewan Paling Jorok Di Dunia.

Berita Terbaru