oleh

Hujan Paling Lama Turun di Daerah Ini

Kabar6-Hujan yang turun terus menerus selama beberapa hari, menyebabkan sejumlah wilayah di Indonesia mengalami banjir. Nah, apa jadinya jika hujan turun tiada henti selama ratusan hari? Bisa jadi menenggelamkan daerah yang berada di kawasan lebih rendah.

 

Tahukah Anda, ada kawasan yang pernah diguyur hujan paling lama di dunia? Daerah mana sajakah itu?

 

1. Ketchikan, Alaska

Ketchikan mendapat predikat sebagai kota penghasil ikan salmon terbesar di dunia. Merupakan kota dengan curah hujan tertinggi di seluruh daratan Amerika. Pada 1953, Ketchikan mengalami hujan terlama yaitu selama 101 hari.

 

2. Kaneohe Ranch, Oahu, Hawaii

Merupakan pulau terbesar ketiga dari Kepulauan Hawaii. Pada 1993, Kaneohe Ranch dilaporkan mengalami hujan terus-menerus selama 247 hari. Jadi jika ditotal, hujan yang turun terjadi selama periode 27 Agustus 1993 hingga 30 April 1994.

 

Cuaca Oahu sebenarnya mirip dengan bagian lain di Amerika Serikat, kadang cerah namun adakalanya hujan. Selain pernah mengalami hujan berkepanjangan, Oahu juga dikenal memiliki cuaca ekstrem. ** Baca juga: Alasan Delay Pesawat Paling Aneh

 

Pada 1950-an, Oahu sempat diterpa lima badai besar. Tidak sekadar menakutkan, badai itu juga menyebabkan kerusakan di pulau tersebut. Hujan di Oahu tercatat sebagai hujan terlama di seluruh dunia, dan hingga saat ini belum ada yang mampu mengalahkannya.(ilj)

Berita Terbaru