oleh

Hujan Lebat Diprediksi Bakal Turun Hingga Tahun Baru 2013

Kabar6–Hujan deras disertai angin kencang diprediksi bakal terus mengguyur kawasan Jabodetabek hingga datangnya Tahun Baru 2013 pekan depan.

Kondisi tersebut dipengruhi menumpuknya awal culmunilumbus di langit Jabodetabek. Demikian data yang diterima wartawan dari hasil pemetaan cuaca yang dilakukan Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Ciputat, Selasa (25/12/2012).

Dengan pemetaan itu, wilayah yang akan dilalui awan culmunilumbus antara lain, kawasan Bogor meliputi, Cisarua, Ciawi, Cipanas, Ciawi, Kedunghalang, Citeureup, dan Parung. Sedangkan untuk kawasan Kota Tangsel melipuri Ciputat, Pondokcabe, Pamulang dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan meluas ke wilayah Bojonggede, Cimanggis, Cibubur, Ciracas, Cilangkap, Depok, Lenteng, Tanjungbarat, Jagakarsa, Kramatjati, Pasar Rebo, Cililitan, Kalibata, Salemba, dan kawasan Kota Tangerang, seperti Bintaro, Ciledug

Tim Tanggap Bencana Tangsel Assa Nugraha mengatakan, hasil pemataan yang didapatinya dari BMKG juga menyatakan, akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang hingga sepekan kedepan.

“Kemungkinan untuk Tangsel, selama tahun baru nanti juga akan terjadi hujan lebat diiringi petir dan angin,” katanya

Dengan kondisi itu, dia menyarankan kepada warga untuk terus waspada saat perayaan tahun baru nanti. Kalaupun harus keluar rumah, dia menyarankan agar menyiapkan sesuatunya untuk menghadapi hujan lebat yang mungkin terjadi.

“Hujan akan datang mulai pukul 14.00 WIB, sampai malam. Jadi selama waktu itu harus diwaspadai agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Atau lebih baik menghabiskan tahun baru di rumah jika tidak ada keperluan mendesak,” imbaunya.

Sementara itu, hasil pantauan Tim Tanggap Bencana Tangsel selama terjadi guyuran hujan Selasa (25/12), sudah terjadi peningkatan volume air di beberapa perumahan. Kendati begitu, belum ada tanda-tanda banjir yang mengancam.

“Pantuan tim di lapangan, ada kenaikan air semata kaki orang dewasa di kawasan perumahan Pamulang dan Ciputat,” tandasnya.(Iqmar)

Berita Terbaru