Hujan Deras, Kota Cilegon Dikepung Banjir

Banjir di Kota Cilegon. (dhi)

Kabar6-Hujan yang mengguyur Kota Cilegon mengakibatkan banjir di beberapa lokasi. Seperti akses menuju wisata Anyer dan industri, ketinggian air mencapai 30 sentimeter. Sedangkan di perkampungan warga, ketinggian air mencapai sedada orang dewasa.

“Ciwandan khususnya, karena sungai tak jalan, karena adanya pabrik, ada juga kecil untuk ke lautnya. Kali (sungai kecil) yang ada, enggak pernah di keruk lumpurnya, dari dahulu kala,” kata Ade Setiawan, warga Cigading, Kota Cilegon, Banten, Sabtu (10/02/2018).

Selain hujan yang turun sejak semalam, warga pun menuding pengerukan dan penggundulan gunung maupun perbukitan di sekitar Kota Cilegon, menjadi salahsatu penyebab banjir.

Bahkan, areal persawahan dan resapan air, kini berubah menjadi lahan industri dan pertambangan pasir, menjadi penyebab air tak mampu meresap dengan baik ke dalam tanah.

“Lihat aja, lihat yang dulu hijau, bukit dan lembah, tinggal siap-siap banjir (lebih besar) dalam beberapa tahun ke depan,” kata Hendry, warga Kota Cilegon lainnya.

Banjir pun hampir memutuskan akses jalan yang menghubungkan dua kelurahan, Kelurahan Kebondalem dengan Kaligandu. Air hujan meluap, menutupi akses jalan terdekat penghubung dua wilayah itu.**Baca Juga: Paslon Jalur Perseorangan di Kota Serang Tak Lolos Verifikasi Faktual.

“Iya sudah ketutup air, tapi masih bisa dilewati, tapi harus hati-hati,” kata Hadikoh, warga Kaligandu, Kota Cilegon.(dhi)