oleh

HRS Batal Datang, Forum Umat Islam Banten dan Kodam Jaya Sama-Sama Gelar Apel

Kabar6-Dua apel siaga berlangsung di Banten. Kegiatan pertama digelar Forum Umat Islam Banten (FUIB). Ini sebagai bentuk perubahan jadwal kegiatan yang dibatalkan. Sebelumnya beredar poster atau flyer yang menyebar di media sosial (medsos) dengan tulisan Ahlan Wasahlan Apel Akbar Jaga Kesatuan Dan Persatuan. Umat Islam Banten Cinta Ulama Dan Habib.

Mereka mulai berkumpul di Masjid Ats’Tsaurah sekitar pukul 11.00 WIB yang dilanjut shalat Dzuhur berjamaah. Dalam poster tersebut, sedianya mereka akan menggelar apel di Alun-alun Barat Kota Serang. Namun batal dan berubah menjadi apel siaga.

“Cuma apel biasa aja. Habib (Riziq Shihab) enggak datang,” kata panglima Laskar Umat Islam Banten (LUIB) melaui pesan elektroniknya, Rabu (25/11/2020).

Sementara itu Kodam III Siliwangi, Polda Banten, dan Pemprov Banten pun menggelar apel di Alun-alun Barat Kota Serang Banten yang dilakukan pukul 13.00 WIB. Namun kegiatan ini diklaim sebagai apel siaga pelaksanaan Pilkada serentak 2020.

Pangdam III Siliwangi Mayjen Nugroho Budi Wiryanto mengaku akan menurunkan seribu prajurit untuk mengamankan pilkada tiga daerah di Banten, yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

“Sesuai Undang-undang (UU), kita memberikan bantuan kepada Pemda. Kita juga membantu polri sesuai UU untuk pelaksanaan pilkada serentak ini. Semua kegiatan kita sesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru, menerapkan protokol kesehatan,” kata Pangdam III Siliwangi, Mayjen Nugroho Budi Wiryanto, di Alun-alun Barat Kota Serang, Banten, Rabu (25/11/2020).

Adapun di lokasi apel siaga FUIB, tampak sekitar 400 personil gabungan dari TNI, Polri, hingga Satgas Covid-19 berjaga. Apel yang menggunakan alat pengeras suara toa, mereka mengingatkan massa untuk mengikuti protocol kesehatan, seperti memakai masker hingga menjaga jarak.

**Baca juga: Usai Pelantikan SAHI, Putri Wapres Salurkan Bantuan ke 10 Ponpes di Serang

“Kita imbau tetap menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan. Lebih baik lagi jika menyediakan hand sanitizer,” kata Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadit Prabowo, di Masjid Ats’tsaurah, Rabu (25/11/2020).(dhi)

Berita Terbaru