oleh

Hobi Konsumsi Kentang Goreng 2 Kali Seminggu Tingkatkan Risiko Kematian

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika bosan makan nasi, sebagian orang memilih mengonsumsi kentang goreng. Terkadang karbohidrat yang satu ini dimakan bersama ayam goreng atau burger. Namun tahukah Anda bahwa kentang goreng seperti halnya gorengan lain, kurang menyehatkan?

Studi yang dilakukan selama delapan tahun dengan melibatkan 4.400 pria dan wanita berusia antara 45-79 tahun, dilansir Kompas, mengungkapkan bahaya gorengan terhadap kesehatan. Tidak sekadar membuat gemuk, lebih dari itu hobi mengonsumsi kentang goreng dua kali seminggu meningkatkan risiko kematian. Di akhir penelitian, 236 orang meninggal dunia.

Para peneliti menemukan, orang-orang yang mengkonsumsi kentang goreng lebih dari dua kali dalam seminggu, memiliki risiko kematian yang tinggi. Meskipun demikian, memang tidak ditemukan hubungan langsung antara menyukai kentang goreng dan kematian.

Kentang goreng dianggap tidak sehat karena selain mengandung lemak tinggi yang berasal dari minyak goreng. Makanan ini juga sering ditambah garam yang banyak. Bila sering dikonsumsi, bukan hanya menyebabkan kegemukan, tapi juga bisa membuat lemak darah tidak sehat dan tekanan darah meningkat. ** Baca juga: Lemak di Perut Tidak Selalu ‘Jahat’

Disarankan agar Anda lebih memilih camilan atau makanan sampingan lain yang lebih sehat seperti sayuran, buah, kacang rebus, atau yoghurt.(ilj/bbs)

Berita Terbaru