oleh

Hoaks dan Disinformasi Penyebab Rendahnya Capaian Vaksin di Pandeglang

Kabar6- Maraknya kekeliruan informasi bahkan kabar bohong atau hoaks mengenai vaksinasi. Akibatnya, capaian vaksin di Pandeglang tercatat masih rendah dibanding daerah lain di Provinsi Banten.

Untuk itu, Demi meningkatkan edukasi serta peran aktif media komunikasi agar masyarakat dapat menerima informasi yang benar dan akurat tentang vaksinasi Covid-19.

Kelompok Kerja Wartawan (Porwan) Pandeglang menggelar Forum Group Discussion (FGD) bertajuk “Pentingnya Peran Masyarakat dalam Menangkal Hoaks dan Disinformasi Vaksinasi Covid-19,” disalah satu hotel di Pandeglang, Selasa (23/11/2021).

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Pandeglang, Ramadhani mengakui di era kemajuan teknologi, pemerintah cukup kewalahan dalam menangkal hoaks dan disinformasi, Apalagi dalam dua tahun terakhir ini.

“Kita sulit mencegah di era kemajuan teknologi. Oleh karena itu kami mengapresiasi acara ini untuk memberi kontribusi positif perihal pentingnya vaksinasi dan risiko penyebaran Covid,” jelasnya.

Padahal Ramadhani memastikan, vaksin menjadi salah satu jalan keluar terhindari dari penyebaran Covid-19. Apalagi bila sudah divaksin, risiko terjangkit lebih kecil karena kekebalan tubuh kian menguat.

“Yang terjangkit Covid, 75 persen karena belum divaksin. Kalau sudah divaksin, tingkat kesembuhannya juga tinggi. Jadi hal ini cukup membuktikan bahwa vaksin sangat penting,” imbuhnya.

**Baca juga: Pro Kontra Penutupan Lokasi Wisata Saat Libur Natal Dan Tahun Baru

Dia membeberkan, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai dampak vaksinasi. Sebab sudah dilakukan uji klinis. Terlebih Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sudah mengeluarkan fatwa mengenai kehalalan dan keamanan vaksin.

“Maka kami mendorong masyarakat yang belum divaksin, agar mau divaksin demi menciptakan herd immunity. Dengan begitu, bukan hanya menekan risiko keterjangkitan Covid, namun juga bisa segera mengembalikan aktivitas masyarakat,”tandasnya.(aep)

Berita Terbaru