oleh

HKS, Menkes Ajak warga Tangsel Hidup Sehat

Menkes Nila Farid Moeloek.(yud)

Kabar6-Peringatan Hari Kesehatan Sedunia (HKS) digelar di area Pasar Modern BSD, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu (10/04/16).

Peringatan HKS ini juga ditandai dengan peluncuran Aksi Deteksi Dini Diabetes Terintegrasi Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM).

Tampak hadir dalam acara tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Farid Moeloek, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Gubernur Banten Rano Karno, perwakilan dari WHO.

Dalam sambutannya, Menkes Nila Farid Moeloek menuturkan, sejumlah gaya hidup tidak sehat yang menjadi factor penyakit diabetes, antara lain kegemukan badan atau obesitas, kurangnya beraktivitas, program diet yang kurang sehat.

Menkes menambahkan, dibutuhkan deteksi dini sebagai kontrol kapan masyarakat harus segera mengehentikan kebiasaan berprilaku yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makan makanan tidak sehat, merokok atau meminum alkohol.

Diketahui, menurut publikasi Wolrd Economic Forum (WEF) pada bulan April 2015, potensi kerugian akibat penyakit tidak menular di Indonesia pada periode 2012 sampai dengan 2030 diprediksi mencapai 4,47 triliun dolar atau sekitar 5,1 kali PBD 2012.

Diabetes dan komplikasinya berdampak pada pembayaran klaim yang besar atau biaya catastrophic BPJS yaitu sekitar 33 persen dari total pengeluaran. Diabetes sendiri merupakan penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia, dengan presentase 6,7 persen.

Dalam kesempatan itu, Menkes juga mengajak warga yang hadir dalam peringatan HKS tersebut agar selalu menjaga kesehatannya, dan mengimbau Gubernur diseluruh Indonesia untuk membentuk Posbindu, guna melayani kebutuhan masyarakat dalam deteksi dini penyakit tidak menular, khususnya diabetes.

Sementara itu, Susanti salah seorang penderita Diabetes mengatakan melalui acara ini dirinya dapat mengetahui berbagai macam informasi karena dapat memotivasi baik pada dirinya, penderita diabetes serta masyarakat luas. **Baca juga: Kabur, Terpidana Narkoba 10 Tahun Ditangkap Polres Tangsel.

Ditempat HKS tersebutpun turut dihadirkan stand-stand sebagai tempat bagi para warga yang ingin memeriksakan kesehatannya secara gratis seperti mengecek kadar gula darah dan sebagainnya. **Baca juga: Walikota Arief Harapkan Sarjana Mampu Ciptakan Lapangan Kerja.

Terakhir Menkes juga menyempatkan diri mengunjungi Pasar Modern BSD dan berinteraksi dengan para pedagang dan warga yang sedang berbelanja kebutuhan pokok.(K6/Fbi)

Berita Terbaru