oleh

Hiu Tertua di Dunia Ternyata Masih Hidup

Kabar6-Seorang ilmuwan bernama Gavin Naylor berhasil mengambil rekaman hiu sixgill dari dalam kapal selam. Nayor yang melakukan penelitian di Museum of Natural History Florida itu benar-benar berhadapan langsung dengan hewan tadi.

Sementara ahli ekologi laut dalam di Museum of Natural History Florida bernama Dean Grubbs, melansir livescience, mengatakan bahwa hiu bluntnose sixgill merupakan hiu tertua di dunia yang masih hidup. Penyelaman yang dilakukan kali ini adalah bagian dari misi OceanX, untuk melihat perilaku dan biologi hiu sixgill. “Ini seperti mempelajari dinosaurus,” jelas Grubbs.

Hiu sixgill, menurut para peneliti, telah ada sejak zaman dinosaurus yaitu sekira 200 juta tahun yang lalu. Bahkan, beberapa ilmuwan percaya bahwa mereka adalah hewan yang selamat dari peristiwa kepunahan massal, yang menewaskan 96 persen kehidupan biota laut.

Naylor dalam video tersebut menemukan hiu sixgill betina yang memiliki panjang sekira 4,9 meter di kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan teluk Meksiko, tidak jauh dari Tanjung Eleuthera, Bahama.

Hiu itu membuka mulut besarnya, dan mengedipkan mata birunya kepada Naylor. Hewan tersebut juga beberapa kali tampak penasaran dan menyenggol kapal selam yang ditumpangi Naylor dengan menggunakan hidungnya.

“Mereka tampak sangat lambat dan sangat anggun,” kata Lee Frey, seorang insinyur laut dalam yang mengemudikan kapal selam. “Tetapi kemudian, ketika mereka pergi setelah makan, mereka benar-benar kuat.”

Diketahui, penyelaman Naylor merupakan upaya keempat untuk melacak dan menandai hiu sixgill di lingkungan laut dalam. Memberi tanda pada hiu sixgill di lingkungan alaminya merupakan tantangan yang tidak biasa, karena mereka biasanya hidup di dasar laut dengan kedalaman antara 800-1.100 meter di bawah permukaan. ** Baca juga: Ratusan Kali Gagal Kencan, Wanita Ini Pilih Nikahi Anjing Peliharaannya

Sebelumnya, para peneliti harus menarik seekor hiu sixgill ke permukaan untuk menandai mereka. Tetapi metode itu tidak bisa menggambarkan perilaku hiu sixgill lebih jelas, karena setelah muncul ke permukaan, hiu tersebut bertindak tidak menentu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru