oleh

Hitung Takaran Gula yang Aman Dikonsumsi dalam Sehari

Kabar6- Gula adalah salah satu bahan tambahan yang digunakan dalam proses pembuatan makanan dan minuman, baik dalam kemasan maupun yang segar. Gula yang ditambahkan dalam makanan dan minuman bermanfaat untuk memperbaiki rasa, maupun tekstur.

Gula memang bermanfaat untuk tubuh. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan masalah pada tubuh. Lantas, bagaimana agar asupan gula tidak berlebihan? Melansir doktersehat, ini takaran gula yang aman dikonsumsi tiap hari:

1. Pria
Menurut AHA atau American Heart Association atau AHA, gula masih bisa dikonsumsi oleh pria untuk mencukupi kebutuhan kalori hariannya. Dalam satu hari, pria hanya boleh mengonsumsi maksimal sembilan sendok teh atau 38 gram. Dengan rekomendasi itu, seorang pria tidak boleh mengonsumsi kalori sebanyak 150 kkal dari gula

Jumlah gula yang dikonsumsi oleh pria cenderung lebih banyak dibandingkan dengan wanita. Hal ini bisa terjadi karena pria memiliki badan lebih besar dan jumlah otot lebih banyak. Dalam satu hari pria juga direkomendasikan untuk mengonsumsi kalori sebanyak maksimal 2.500 kkal.

2. Wanita
Dalam satu hari, wanita hanya diperbolehkan mengonsumsi kalori sebanyak 2.000 kkal. Jumlah ini bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan diet atau fitness goal yang dimiliki. Kalau seorang wanita mengalami obesitas dan ingin menurunkan berat badannya, kalori atau defisit.

Seorang wanita disarankan untuk mengonsumsi gula sebanyak enam sendok teh. Maksimal hanya 25 gram atau maksimal 100 kkal. Lebih dari jumlah ini dikhawatirkan wanita akan mengalami beberapa masalah seperti penyakit kardiovaskular dan diabetes.

3. Anak-anak
Anak-anak dengan usia 2-18 tahun disarankan oleh AHA untuk mengonsumsi gula maksimal enam sendok teh atau 25 gram. Lebih dari ini bisa mengganggu proses pertumbuhan termasuk mengganggu masalah hormon pada pria dan wanita yang sedang puber.

Bagaimana dengan gula tambahan? Gula tambahan atau added sugar banyak sekali di luaran sana mulai dari madu yang sering dikonsumsi dan aneka sirop yang banyak digunakan untuk membuat makanan.

Nah, gula tambahan ini sebenarnya sama saja dengan gula biasa. Tubuh hanya mengenali partikel guma, tidak asal dan sumber dari gula itu sendiri. ** Baca juga: Air Berwarna Tak Bisa Gantikan Kebutuhan Cairan Harian

Gula tambahan sebenarnya bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir. Namun, Anda harus tahu lebih dahulu berapa takaran yang disarankan. Apabila takarannya sudah sesuai dengan batas yang ditetapkan seperti maksimal 150 kalori gula untuk pria, efek samping tidak akan terjadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru