oleh

Hitung Kandungan Lemak pada Setiap Bagian Opor Ayam

Kabar6-Idul Fitri memang selalu identik dengan hidangan opor ayam serta ketupat. Dan biasanya, opor ayam menjadi pilihan pertama saat mencicipi hidangan Lebaran.

Namun untuk beberapa orang yang sedang dalam program diet, biasanya akan berpikir dua kali untuk mengonsumsinya. Nah, agar tetap bisa menikmati hidangan opor tanpa memikirkan penambahan berat badan, ada baiknya Anda mengetahui kandungan lemak dalam setiap bagian dari daging ayam.

Bagian ayam yang paling gemuk, ons per ons, adalah kulitnya, dengan 41 gram lemak per 100 gram. Jadi, melansir Livestrong, untuk menurunkan kandungan lemak ayam, Anda bisa menyingkirkan bagian kulit sebelum atau sesudah memasaknya. Tetapi menurut Harvard School of Public Health, sebagian besar lemak di kulit ayam adalah sehat, lemak tak jenuh.

Paha bawah atau umumnya disebut dengan drumstick mengandung 5,7 gram lemak tanpa kulit dan 11,2 gram lemak dengan kulit. Sedangkan pada paha atas ayam tanpa kulit mengandung 10,9 gram lemak dan 15,5 gram lemak dengan kulit.

Pada bagian sayap, mengandung 8,1 gram lemak tanpa kulit dan 19,5 gram dengan kulit. Berdasarkan angka-angka tersebut, Anda bisa menurunkan kandungan lemak hingga 47 persen apabila menyingkirkan kulit seluruhnya.

Ayam pada umumnya adalah sumber protein berkualitas tinggi yang mengandung semua delapan asam amino esensial. Namun, jika Anda mencari protein berkualitas tanpa lemak, pilihlah dada ayam.

Sekira tiga 3 ons dada ayam tanpa kulit tanpa tulang hanya mengandung satu gram lemak jenuh dan kurang dari empat gram total lemak. ** Baca juga: Begini Cara Memasak Hidangan Lebaran Versi Sehat

Nikmati opor ayam favorit Anda tanpa rasa bersalah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru