oleh

Hiswana Migas: BBM Belum Langka di Tangerang

Kabar6-Ketua Hiswana Migas DPC Tangerang, Banten, Heru Wahyudin menyebutkan kelangkaan pasokan BBM di tiga wilayah Tangerang belum masuk dalam kategori kritis.

“Ketersediaan BBM di Tangerang tidak langka. Hanya pasokannya saja agak berkurang,” kata Heru saat dihubungi, Selasa (27/11/2012).

Heru menuturkan, ketersediaan BBM di beberapa SPBU saat ini memang mengalami pengurangan karena adanya tiga masalah.

Pertama, adanya perubahan kebijakan dari pemerintah terkait pasokan BBM bersubsidi untuk seluruh SPBU termasuk di wilayah Tangerang.

Kedua, adanya faktor pengiriman BBM karena jalanan yang tergenang banjir sehingga pengiriman mengalami hambatan.

Ketiga, adanya panic buying dari masyarakat terkait kabar bila BBM di SPBU sudah langka sehingga menyebabkan adanya pembelian secara besar-besaran.

“Karena ketiga alasan tersebut, pasokan BBM kepada sejumlah SPBU mengalami pengurangan sebesar 10 persen,” katanya.

Dari total 162 SPBU di tiga wilayah Tangerang, yakni 40 SPBU di Kota Tangerang, 40 SPBU di Tangerang Selatan dan 82 SPBU di Kabupaten Tangerang, Heru mengaku belum menerima laporan terkait kelangkaan pasokan BBM.

“Misalkan jika ada tiga dispenser di sebuah SPBU, hanya dua yang melayani sedangkan satunya lagi tidak karena BBM berkurang. jadi, kondisinya memang belum langka,” katanya.

Mengenai normalnya pasokan BBM, Heru belum bisa memastikan karena Pertamina pun harus menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah pusat. “Mungkin beberapa hari lagi akan normal,” katanya.

Pantauan dilapangan, sejumlah SPBU mengalami pengurangan pelayanan. Akibatnya terjadi antrian panjang. Beberapa SPBU pun memasang informasi mengenai kehabisan pasokan BBM seperti “Bensin Habis”.

“Masih nunggu kiriman mas, makanya antri panjang,” kata Rudi, petugas SPBU di wilayah Tangerang.(yud)

Berita Terbaru