oleh

Hindari Sejumlah Masalah Kesehatan Selama Puasa

Kabar6-Selama puasa Ramadan yang berlangsung kurang lebih selama sebulan, tubuh tentu tidak selalu dalam kondisi sehat. Adakalanya ketahanan tubuh menurun, sehingga Anda terserang sakit.

Kondisi tersebut tentu saja akan mengganggu kelancaran puasa. Bagaimana agar puasa berjalan lancar dan Anda terhindar dari sejumlah masalah kesehatan? Melansir beberapa sumber, agar terhindar dari dehidrasi yang bisa membuat sakit kepala, pastikan Anda minum setidaknya delapan gelas air yang dibagi saat buka puasa, sepanjang alam dan saat sahur.

Sebaiknya jangan mengonsumsi makanan manis berlebihan, kurangi garam dan kafein, makan seimbang saat sahur, serta hindari terkena sinar matahari langsung di siang hari.

Agar tidak merasa mual saat puasa, sebaiknya berhenti makan terlalu banyak, terlalu panas, dan terlalu dingin pada malam hari. Selain itu, jangan lupa selalu minum air putih 30 menit sebelum makan dan satu jam setelah makan.

Masalah kesehatan lain adalah perut mulas saat puasa. Untuk menghentikannya, hindari makanan yang digoreng dan sangat pedas, saus tomat, serta minuman soda. Diketahui, penyebab utama sembelit adalah kurangnya serat dalam makanan. Jadi lebih banyak mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan buah-buahan utuh, agar terhindar dari sembelit.

Selanjutnya, untuk mencegah kram otot saat puasa, perbanyak makanan kaya kalsium dan magnesium, seperti buah-buahan, sayuran, produk susu, dan daging. Hal lain adalah meminimalisir jerawat yang biasanya lebih mungkin datang saat puasa karena tubuh mengalami dehidrasi. Solusinya, perbanyak minum air putih, serta berhenti dulu makan cokelat dan bumbu-bumbu berat dalam makanan. ** Baca juga: Cara Sehat Tahan Lapar & Dahaga Selama Puasa Ramadan

Pilih makanan berbuka puasa dan sahur yang tepat agar terhindar dari sejumlah masalah kesehatan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru