oleh

Hindari Sarapan dengan Beberapa Menu Ini

Kabar6-Sebelum memulai aktivitas, Anda memang disarankan untuk sarapan atau makan pagi, karena akan memegaruhi energi sepanjang hari. Sarapan sehat mencakup serat, protein, dan lemak sehat.

Namun sarapan dengan menu yang kurang tepat akan membuat Anda merasa lebih lesu, memicu kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Lantas, makanan apa saja yang sebaiknya dihindari sebagai menu sarapan? Melansir beberapa sumber, ini enam menu yang dimaksud:

1. Sereal
Banyak orang berpikir sereal adalah pilihan yang bergizi untuk anak-anak dan orang dewasa. Sereal dikalim sebagai makanan yang mengandung biji-bijian utuh dan menjadi sumber nutrisi seperti vitamin A dan zat besi.

Sereal kebanyakan mengandung biji-bijian dan gula olahan. Asupan gula yang tinggi dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kondisi kesehatan kronis lainnya. Jika hendak mengonsumsi sereal, sebaiknya tetap dalam takaran yang seimbang jangan sampai berlebihan.

2. Pancake
Pancake mengandung tepung, telur, gula dan susu. Meskipun pancake memiliki lebih banyak protein daripada beberapa menu sarapan lainnya, pancake sangat tinggi tepung olahan. Banyak peneliti percaya, biji-bijian olahan seperti tepung gandum berkontribusi terhadap resistensi insulin dan obesitas.

3. Roti panggang dengan margarin
Roti panggang yang diberi margarin mungkin merupakan pilihan sarapan yang baik, karena tidak mengandung lemak jenuh atau gula. Namun, ini sebenarnya sarapan yang tidak sehat karena dua alasan.

Pertama, karena tepung dalam roti itu memberi Anda sedikit nutrisi dan sedikit serat. Karena tinggi karbohidrat olahan dan rendah serat, hal itu dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Gula darah yang meningkat dapat memicu rasa lapar yang menyebabkan Anda makan lebih banyak saat makan berikutnya, yang dapat memicu penambahan berat badan.

Kedua, kebanyakan margarin mengandung lemak trans yang merupakan jenis lemak paling tidak sehat. Produsen makanan membuat lemak trans dengan menambahkan hidrogen ke minyak nabati agar tampak seperti lemak jenuh, yang padat pada suhu kamar.

4. Muffin
Kebanyakan muffin hanyalah kue-kue kecil yang sering dikonsumsi untuk sarapan. Muffin dibuat dari tepung olahan, minyak sayur, telur, dan gula. Satu-satunya bahan sehat adalah hanyalah telur. Terkadang muffin diberi gula tambahan atau diisi dengan keping cokelat atau buah kering yang selanjutnya diberikan kandungan gula dan kalori tambahan.

5. Yoghurt
Semangkuk yoghurt yang dibuat dari susu murni dan diberi buah beri adalah contoh sarapan yang sehat. Faktanya, banyak yoghurt tanpa rasa yang mengandung lebih banyak gula daripada seporsi es krim yang sebanding. Lemak membantu merasa kenyang karena butuh waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat dan juga memicu pelepasan cholecystokinin.

6. Granola bar
Granola bar mungkin terdengar seperti pilihan sarapan yang enak, tetapi seringkali tidak lebih daripada permen. Meskipun oat yang tidak diproses mengandung serat tinggi, rata-rata granola bar hanya menyediakan 1-3 gram serat.

Namun, granola mengandung banyak gula tambahan. Sejumlah besar gula ini dapat meningkatkan gula darah, kadar insulin dan peradangan. ** Baca juga: Fakta yang Tunjukkan Hubungan Antara Tidur dan Imunitas Tubuh

Memulai hari dengan sarapan bagus untuk meningkatkan energi, gula darah yang stabil dan kontrol berat badan. Di sisi lain, memilih menu sarapan yang kurang tepat dapat membuat Anda cepat merasa lapar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru