oleh

Hindari Penuaan Dini dengan Ubah Cara Berolahraga yang Kurang Tepat

Kabar6-Rutin berolahraga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita. Sayangnya, tidak sedikit orang yang melakukan kesalahan saat berolahraga, sehingga bisa mengakibatkan penuaan dini.

Karena itulah Anda dianjurkan untuk mengubah enam kebiasaan kurang tepat saat berolahraga. Melansir beberapa sumber, ini dia enam kebiasaan yang dimaksud:

1. Postur tubuh yang buruk
Penting menjaga postur tubuh yang baik dalam setiap gerakan saat berolahraga. Postur yang buruk bisa berdampak pada tulang, terlebih pada tulang belakang, bahkan bisa membuat punggung bungkuk terus menerus.

2. Terlalu mengandalkan olahraga kardio
Meskipun banyak yang lebih menyukai olahraga kardio, perlu diingat bahwa melatih kekuatan juga penting bagi mereka yang berusia dewasa. Olahraga kekuatan berguna mengencangkan otot dan membakar kalori meski kita sedang tidak berolahraga.

3. Olahraga secara berlebihan
Olahraga yang terlalu intens dan terus menerus tetapi kurang tidur akan melepaskan dan meningkatkan kadar kortisol dalam darah. Kondisi ini mendatangkan efek berlawanan dengan insulin dan malah meningkatkan gula darah. Agar terhindar dari kondisi ini maka Anda perlu beristirahat dari olahraga sehari dalam seminggu.

4. Abaikan latihan interval intensitas tinggi
Olahraga interval intensitas tinggi ternyata membantu memerangi tanda-tanda penuaan. Penelitian yang ditulis dalam jurnal Cell Metabolism menyebutkan, orang berusia lanjut yang mengikuti latihan interval intensitas tinggi mengalami peningkatan kapasitas mitokondria sebanyak 69 persen. Selain itu juga terjadi peningkatan sensitivitas insulin yang membantu menurunkan risiko diabetes.

5. Abaikan latihan dasar panggul
Seringkali saat berolahraga orang lupa melatih area dasar panggul. Mengabaikan latihan otot-otot di dasar panggul bisa membuat perut membuncit. Hal ini sering dialami wanita di usia pertengahan. Selain itu, juga bisa mengakibatkan inkontinensia urine. Jadi, seringlah melatih dasar panggul dengan olahraga kegel setiap hari minimal 10 kali dalam tiga set.

6. Kurang memaksimalkan kekuatan
Bertambah usia membuat reaksi tubuh seseorang jadi semakin lamban. Untuk mempertahankannya, Anda perlu menambahkan kekuatan gerakan dalam setiap latihan. Cobalah lakukan olahraga angkat beban berat dengan banyak pengulangan serta berlari untuk membangun serat otot yang bergerak cepat dan menjaga kecepatan reaksi. ** Baca juga: Efek yang Sebaiknya Diketahui Saat Anda Kurangi Asupan Karbohidrat

Olahraga dengan porsi yang tepat akan mendapatkan hasil maksimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru