oleh

Hindari Minum Kopi Secara Berlebihan Tiap Hari

Kabar6-Kebiasaan minum kopi sepertinya sudah menjadi rutinitas banyak orang. Selain diyakini menangkal kantuk, kopi juga membuat tubuh bugar kembali di sela-sela aktivitas yang padat.

Hanya saja, pakar kesehatan menyebut kopi sebagai minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, karena bisa memberikan efek kurang baik. Pakar kesehatan dari European Food Safety Authority menyarankan kita untuk membatasi asupan kopi maksimal empat cangkir sehari. Jika kita meminumnya lebih dari jumlah yang dianjurkan tersebut, maka akan mendapatkan efek samping yang merugikan. Melansir doktersehat, berikut efek samping yang dimaksud:

1. Cemas
Kopi memiliki kandungan utama berupa kafein. Kandungan ini sebenarnya berperan besar dalam meningkatkan kewaspadaan dengan cara memblokir efek adenosine, sejenis bahan kimia otak yang bisa membuat tubuh terasa lelah. Masalahnya, hal ini juga akan menyebabkan peningkatan hormon adrenalin. Memang, efek dari hormon ini bisa membuat kewaspadaan atau energi meningkat. Namun jika jumlahnya berlebihan, maka kita pun akan mengalami gangguan kecemasan dan suasana hati.

2. Jantung berdebar-debar
Mengonsumsi kopi dengan dosis yang berlebihan bisa memberikan dampak buruk berupa peningkatan denyut jantung. Bahkan, bagi sebagian orang yang tidak terbiasa minum kopi, mengonsumsinya dalam jumlah yang yang sedikit sudah mampu memberikan dampak ini.

3. Insomnia
Bagi mereka yang mengonsumsi kopi di sore atau malam hari, ada kemungkinan risiko terkena insomnia atau susah tidur meningkat. Jika konsumsi kopi dilakukan dengan berlebihan, maka risiko untuk terkena masalah susah tidur juga akan semakin meningkat.

4. Peningkatan tekanan darah
Sebenarnya kopi termasuk dalam minuman yang baik bagi kesehatan jantung dan bisa mencegah datangnya penyakit kardiovaskular, termasuk stroke. Hanya saja, mengonsumsinya dengan jumlah yang berlebihan bisa memberikan dampak buruk berupa meningkatnya tekanan darah atau risiko terkena hipertensi.

5. Sakit kepala
Jika dikonsumsi dalam jumlah yang moderat, kafein di dalam kopi bisa membantu mengatasi sakit kepala, namun jika asupan kafein berlebihan, maka risiko untuk mengalami sakit kepala hingga kelelahan juga meningkat.

Pakar kesehatan menyebut, di dalam kopi terdapat kandungan 50 hingga 235 mg kafein, bergantung pada jenis kopi yang diminum. Sementara itu, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Mayo Clinic Proceedings menunjukkan bahwa konsumsi kopi empat cangkir dalam sehari termasuk dalam tindakan yang berlebihan, khususnya bagi mereka yang sudah berusia lebih dari 55 tahun.

Dalam penelitian ini, orang-orang dewasa muda yang minum empat cangkir atau lebih dalam sehari akan meningkatkan risiko terkena kematian akibat penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya hingga 56 persen. Penelitian ini juga membuktikan, mengonsumsi dua atau tiga cangkir kopi per hari masih dianggap wajar dan bisa memberikan manfaat kesehatan. ** Baca juga: Benarkah Cokelat Memang Baik untuk Kesehatan?

Hanya saja, hasil penelitian ini juga menyarankan kita untuk mengonsumsi kopi tanpa adanya tambahan gula atau bahan-bahan lain seperti krim, sirup, atau bahkan whipped cream. Meski bisa memberikan tambahan rasa yang nikmat, mengonsumsinya sama saja akan membuat kita tidak bisa mendapatkan manfaat sehat kopi dan justru rentan terkena gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, atau bahkan penyakit jantung.(ilj/bbs)

Berita Terbaru