oleh

Hindari Memanaskan Makanan Ini Berulangkali

Kabar6-Salah satu kebiasaan yang dinilai cukup praktis dalam mengolah makanan adalah memanaskan makanan kemarin malam, untuk dijadikan hidangan sarapan.

 

Selain menghemat waktu, cara ini cukup membantu terutama bagi Anda harus memulai beraktivitas pada pagi hari. Namun tahukah Anda jika tidak semua jenis makanan boleh dipanaskan ulang atau dihangatkan kembali?

 

Ada beberapa jenis makanan yang bisa berubah komposisinya setelah dipanaskan ulang, sehingga dapat menyebabkan gizi yang terkandung hilang, bahkan bisa menjadi beracun.

 

Nah, apa saja makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan?

 

1. Jamur

Cara terbaik mengonsumsi makanan yang berbahan jamur adalah segera memakannya begitu matang. Jamur yang dipanaskan berulangkali akan mengalami perubahan komposisi protein dan mengalami perubahan rasa.

 

Akibatnya Anda akan mengalami berbagai masalah pencernaan, sekaligus kehilangan manfaat gizi yang terkandung pada jamur. Jika Anda ingin memakannya kembali, sebaiknya konsumsilah jamur itu dalam kondisi dingin apa adanya, dan jangan dipanaskan kembali.

 

2.Kentang

Makanan berbahan kentang sangat tidak dianjurkan untuk dipanaskan ulang. Selain kandungan gizinya akan hilang, juga dapat menjadi beracun.

 

3.Ayam

Sama halnya dengan jamur, ayam yang dipanaskan berulangkali akan kehilangan komposisi proteinnya. Jika Anda ingin memanaskan kembali, gunakan api kecil dengan waktu yang singkat.

 

4.Bayam

Bayam yang sudah dimasak, sebaiknya tidak dipanaskan ulang, karena bayam mengandung banyak nitrat ( NO3), yang jika dipanaskan berulangkali akan menjadi nitrit (NO2), sehingga berbalik arah menjadi racun dan berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker) bagi tubuh manusia.

 

5.Seledri

Seledri mengandung nitrat (NO3) yang dapat berubah menjadi nitrit (NO2) yang berpotensi karsinogenik (zat pemicu kanker), jika dipanaskan berulangkali.

 

6.Telur

Terutama telur yang masih utuh dengan kuning telur di dalamnya, sangat rawan dan berisiko tinggi jika dipanaskan berulangkali dengan suhu tinggi, karena akan berubah menjadi racun. ** Baca juga: Terlalu Banyak Minum Air Putih Tidak Disarankan?

 

Jangan sampai gizi yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi akan hilang, hanya gara-gara kesalahan dalam pengolahan. (ilj)

Berita Terbaru