oleh

Hindari Makanan yang Picu Proses Penuaan

Kabar6-Tidak semua makanan yang Anda konsumsi mengandung nutrisi menyehatkan. Sebaliknya, beberapa makanan justru dapat membuat Anda tampak lebih tua atau bahkan mempercepat proses penuaan kulit.

Hal ini, berdasarkan penelitian, mungkin terjadi karena makanan tersebut banyak mengandung lemak trans menyebabkan adanya proses inflamasi terus-menerus. Inflamasi kronik merupakan salah satu proses penuaan sel. Dilansir dokter.id, berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari agar tidak terjadi proses penuaan dini:

1. Keripik kentang & kentang goreng
Semua jenis makanan yang digoreng dalam minyak dapat menyebabkan terjadinya proses inflamasi. Hindarilah lemak trans karena dapat meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan kadar HDL (kolesterol baik). Periksalah komposisi biskuit yang dibeli, hindari bila terdapat vegetable shortening dan partially hydrogenated oils.

2. Donat & roti manis
Donat dan roti manis mengandung banyak sekali gula, yang dapat menyebabkan terjadinya inflamasi. Selain itu, donat dan roti manis juga mengandung AGE yang selain mengganggu kesehatan juga dapat mempercepat pembentukan kerutan.

3. Daging
Sosis, smooked beef, salami, dan daging olahan lainnya mengandung banyak lemak jenuh dan nitrat. Keduanya merupakan suatu agen penyebab inflamasi. Hal lain yang perlu dihindari adalah daging berlemak, seperti sirloin. Gantilah sirloin dengan tenderloin atau daging ayam yang mengandung lemak lebih sedikit.

4. Alkohol
Mengonsumsi sejumlah kecil alkohol dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun konsumsi alkohol berlebihan dapat mempercepat proses penuaan. Jumlah alkohol yang kecil adalah satu gelas untuk wanita dan dua gelas untuk pria. ** Baca juga: 5 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Olahraga

Adakah salah satunya adalah makanan favorit Anda? (ilj/bbs)

Berita Terbaru