oleh

Hindari Makanan yang Bikin Berat Badan Naik Selama Puasa

Kabar6-Bukannya jadi langsing, berat badan Anda justru makin naik selama puasa. Selain karena kebiasaan buruk, misalnya langsung tidur sehabis sahur, berat badan naik bisa jadi datang dari pemilihan makanan yang kurang tepat.

Beberapa makanan yang dikonsumsi selama puasa mengandung kalori tinggi, sehingga tidak mengherankan jika berat badan jadi melonjak. Melansir beberapa sumber, ini tujuh makanan yang sebaiknya dihindari selama puasa agar berat badan tidak naik:

1. Makanan bersantan
Mengonsumsi makanan bersantan secara berlebih bisa membuat berat badan naik selama puasa, karena santan mengandung kalori serta lemak yang tinggi, sehingga tidak jarang membuat pencernaan terganggu.

2. Gorengan
Makanan yang digoreng ‘menyumbang’ lemak dan kalori yang besar bagi tubuh. Ditambah penggunaan tepung saat menggoreng juga semakin menambah asupan karbohidrat bagi tubuh. Makanan yang digoreng dalam temperatur tinggi pun umumnya mengandung lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan.

3. Junk Food
Junk food biasanya diolah dengan cara deep fried, sehingga memiliki kandungan minyak berlebih di dalamnya. Selain itu, junk food juga umumnya berisi produk olahan yang minim serat sehingga membuat perut buncit dan ususmu sulit mencernanya. Junk food pun mempengaruhi metabolisme dan kondisi perut secara keseluruhan.

4. Makanan tinggi tepung
Makanan dengan tepung berwarna putih jika dikonsumsi secara terus menerus bisa menjadi lemak pada perut dan membuat berat badan meningkat.

5. Keju
Beberapa variasi keju seperti parmesan, gouda, serta keju romano memiliki kalori yang tinggi sehingga memicu kenaikan berat badan jika dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih keju juga masuk salah satu makanan yang minim serat sehingga kurang bersahabat untuk pencernaan.

6. Daging olahan
Daging olahan seperti bacon, sosis, dan ham berpotensi membuat berat badan naik. Hal ini disebabkan daging olahan mengandung kadar garam yang tinggi. Kandungan garam yang berlebihan dalam makanan memicu tubuh menumpuk cairan. Garam memiliki kemampuan menahan air di dalam tubuh. Selain itu daging olahan juga mengandung lemak dan gula yang juga memicu bertambahnya berat badan.

7. Produk dairy
Produk dairy dan susu memiliki kandungan laktosa yang berpotensi membuat tubuh bertambah gemuk dan perut buncit. Dalam laktosa terdapat enzim laktase, dan permasalahannya adalah semakin bertambahnya usia tubuh kita semakin sulit dalam menyerap laktase.

Beberapa produk dairy dan susu juga mengandung tinggi lemak yang juga sulit dicerna tubuh sehingga perut buncit. Jadi bagi Anda yang suka dengan produk dairy dan susu tapi tidak ingin bertambah berat badan selama puasa, sebaiknya beralih ke produk susu dari bahan nabati seperti susu almond atau susu kacang kedelai. ** Baca juga: Pilih Jajanan Buka Puasa yang Lebih Sehat Ketimbang Gorengan

Pilih makanan yang tepat selama puasa agar berat badan tetap di angka ideal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru