oleh

Hindari Makan Bersama Teman untuk Kendalikan Berat Badan

Kabar6-Dibutuhkan usaha yang keras sekaligus serius untuk mengurangi asupan kalori, termasuk mengendalikan hasrat akan makanan yang tidak sehat, dan mengurangi godaan untuk mengonsumsi makanan manis.

Hal itu tentu saja bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun para peneliti, melansir Sindonews, telah menemukan cara mudah yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mencapai tujuan kebugaran. Cara itu adalah menghindari makan bersama teman-teman alias makan seorang diri. Artinya, jangan makan satu meja dengan keluarga atau teman.

Sebuah penelitian menemukan, orang cenderung makan lebih banyak saat mereka makan bersama teman atau keluarga. Ketika makan di lingkaran sosial, Anda mungkin akan terpengaruh oleh pilihan makanan orang lain dan untuk sementara waktu melupakan tujuan kebugaran.

Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan dalam lingkaran sosial memiliki dampak kuat pada pikiran dan Anda dapat makan lebih banyak dibandingkan dengan makan sendirian.

Dalam studi ini, para peneliti mengevaluasi 42 studi yang ada yang dilakukan di sosial dining, dan menemukan bahwa orang makan lebih banyak ketika bersama dengan orang yang dicintai.

Bahkan, ketika pergi untuk pertemuan sosial ada kemungkinan besar bahwa Anda akan makan berlebihan di perusahaan teman dan keluarga. ** Baca juga: Ada 6 Ciri Rumah yang Disebut Sehat

Para peneliti menyebut, fenomena makan lebih banyak dalam pertemuan sosial ini sebagai ‘fasilitasi sosial’. Namun, fasilitasi sosial ini tidak umum ketika makan dengan orang asing. Ini karena orang ingin menyampaikan kesan positif di depan orang asing dengan makan sedikit.

Berani makan sendiri?(ilj/bbs)

Berita Terbaru