Hindari Konsumsi Beberapa Jenis Makanan Ini Secara Bersamaan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Dalam keseharian, kita sering mengombinasikan aneka makanan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Padahal, beberapa jenis makanan tertentu disarankan untuk tidak dikonsumsi secara bersamaan karena efeknya kurang bagus untuk kesehatan. Dilansir Magazinejob, berikut adalah beberapa jenis makanan yang dimaksud:

1. Susu kedelai & telur
Saat mengonsumsi telur bersama dengan susu kedelai, Anda tidak akan menerima protein yang terkandung dalam telur.

Diketahui, telur adalah salah satu makanan yang kaya protein. Sedangkan susu kedelai mampu mengurangi aktivitas dari enzim protease yang berguna untuk melancarkan metabolisme protein.

2. Susu & buah-buahan
Perpaduan antara rasa gurih susu dan segarnya buah-buahan memang mampu memanjakan lidah. Namun tahukah Anda, jika ternyata kedua makanan tersebut tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan?

Seperti dalam hidangan sup buah yang menyajikan potongan buah segar dengan kuah susu dan sirup. Susu memiliki kandungan protein yang tinggi, sedangkan buah mengandung asam yang bisa mengikat protein pada susu. Alhasil, Anda cenderung mengalami gangguan pencernaan karena membuat tubuh sulit mencerna makanan.

3. Daging & semangka
Semangka disebut buah dingin, sedangkan daging terutama kambing memiliki sifat sebaliknya yaitu panas. Jadi mengonsumsi kedua makanan tersebut secara bersamaan akan membuat gizi pada daging kambing akan turun drastis. Parahnya lagi, bagi penderita asthenia limpa, kedua makanan ini bisa mengganggu limpa dan lambung.

4. Udang & jenis makanan tinggi vitamin C
Udang mengandung As2O5 atau Arsenic Pentoxide, di mana saat bertemu Vitamin C akan terjadi reaksi kimia dalam perut. Reaksi kimia tersebut menghasilkan racun yang akan membuat gangguan pada hati, jantung, ginjal, usus berdarah hingga pelebaran pembulu darah.

5. Wortel & lobak putih
Sayuran memang sumber berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun apa jadinya jika Anda mengombinasikan wortel dan lobak putih dalam suatu hidangan?

Jika Anda mengonsumi wortel dan lobak putih bersamaan, maka tidak akan ada nutrisi yang bisa diserap tubuh. Lebih baik konsumsi wortel dan lobak putih secara terpisah agar nutrisi dapat diserap tubuh. ** Baca juga: Kurangi Kebiasaan Sering Beli Jajanan Ringan Saat di Kantor

Perhatian lagi makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan agar hasinya menjadi lebih maksimal.(ilj/bbs)