oleh

Hindari Gunakan Ponsel Sebelum Tidur

Kabar6-Nyaris sebagian orang, mungkin juga termasuk Anda, tetap bermain ponsel di tempat tidur, meskipun tubuh dan pikiran sudah terasa lelah. Bahkan, menyempatkan diri berselancar dunia maya, atau bahkan masih aktif berbincang dengan teman.

Padahal, menggunakan ponsel sebelum tidur memiliki efek buruk bagi kesehatan. Para penulis penelitian Mayo Clinic di Arizona, melansir Boldsky, mengungkapkan bahwa perangkat komunikasi seperti tablet dan smartphone memancarkan cahaya pada tingkat lebih tinggi.

Hal tersebut bisa mengurangi pelepasan melatonin, sehingga mengganggu kualitas tidur. Melatonin sendiri merupakan hormon yang membantu seseorang tidur nyenyak dan berperan menjaga ritme jantung. Apa saja bahaya lainnya?

1. Depresi
Cahaya ponsel memungkinkan seseorang mengalami masalah kurang tidur. Dan hal ini juga mempengaruhi mood atau suasana hati, sehingga tak jarang saat bangun tidur terasa lebih lelah atau bahkan depresi.

2. Metabolisme terganggu
Kurangnya waktu tidur begitu berdampak pada metabolisme tubuh. Otak pun akan ikut mengalami gangguan sehingga fungsi kerjanya tidak optimal.

3. Mata terasa sakit
Cahaya dari ponsel membuat mata terasa sakit, dan bila kebiasaan ini terus dilakukan maka akan memicu masalah kesehatan indera penglihatan. ** Baca juga: Efek Buruk Sering Tidur Larut Malam

Jauhkan ponsel dari tempat tidur, atau bahkan matikan, agar kualitas tidur Anda tetap terjaga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru