oleh

Hindari Dulu 5 Makanan atau Minuman Ini Saat Mood Anda Sedang Buruk

Kabar6-Sebagian makanan yang terlihat enak, seringkali tidak mengandung berbagai nutrisi penting, mineral, dan lemak sehat. Sebaliknya, makanan tadi mengandung banyak gula dan lemak jahat, yang diketahui berhubungan dengan terjadinya depresi.

Terlebih gaya hidup modern yang penuh dengan stres akan membuat seseorang lebih ingin mengonsumsi berbagai makanan manis dan penuh lemak sekaligus tidak sehat. Melansir today, ada lima makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari agar tidak merusak mood Anda. Apa sajakah itu?

1. Minuman bersoda
Rata-rata orang Amerika mengonsumsi sekira 600 kaleng soda setiap tahunnya. Selain dapat menambah jumlah lemak dalam tubuh, minuman bersoda juga dapat membuat mood menjadi buruk karena penurunan kadar gula darah secara mendadak.

Ketimbang mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik bila Anda mengonsumsi jus buah segar.

2. Margarin
Dibandingkan dengan mentega, margarin ternyata lebih buruk bagi kesehatan, lho. Hal ini karena margarin mengandung berbagai zat penyebab radang, lemak berbahaya, serta mengandung banyak asam lemak omega 6 yang dapat membuat mood Anda menjadi buruk dan mengganggu kadar insulin di dalam tubuh.

Lebih baik bila Anda mengganti margarin dengan mentega yang berasal dari sapi, karena mengandung lebih banyak asam linoleat, merupakan jenis lemak yang berfungsi sebagai anti kanker dan telah terbukti dapat membantu menurunkan kadar lemak perut dan risiko terjadinya serangan jantung. Selain itu, pastured butter juga mengandung banyak asam lemak omega 3 yang tidak dimiliki margarin.

3. Keripik kentang
Keripik kentang digoreng menggunakan minyak mengandung banyak asam lemak omega 6, sehingga akan menghambat pembentukan asam lemak omega 3, yang penting bagi mood Anda.

4. Bagel
Meskipun banyak orang mengira bagel merupakan salah satu menu sarapan sehat, makanan ini sebenarnya mengandung banyak karbohidrat yang akan membuat mood Anda menjadi lebih buruk.

Gantilah menu sarapan Anda dengan telur rebus yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B, seng, dan iodium. ** Baca juga: Hilangkan 6 Kebiasaan Buruk yang Bikin Anda Terlihat ‘Tua’

5. Kacang
Kacang asin yang banyak dijual bebas di pasaran mengandung sangat banyak natrium (garam) dan berbagai jenis pengawet makanan, yang telah banyak dihubungkan dengan terjadinya migrain, kelemahan, rasa seperti terbakar, mengi (suara napas berbunyi), dan kesulitan bernapas pada sejumlah orang.

Gantilah kacang Anda dengan kacang yang lebih sehat seperti kacang walnut yang mengandung asam lemak omega 3, kacang almond yang mengandung banyak vitamin E, dan kacang brasil yang mengandung selenium.

Memilih makanan yang tepat akan membantu mood Anda baik kembali.(ilj/bbs)

Berita Terbaru