Hindari 7 Makanan Berikut Saat Mood Anda Sedang Kurang Bagus

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada banyak makanan tidak sehat dijual di pasaran yang tidak mengandung berbagai jenis nutrisi penting, mineral, dan lemak sehat. Sebaliknya, makanan tersebut mengandung banyak sekali gula dan lemak jahat yang diketahui berhubungan dengan munculnya depresi.

Terlebih saat ini banyak gaya hidup modern yang menimbulkan stres. Akibatnya, seseorang lebih ingin mengonsumsi berbagai makanan manis dan penuh lemak yang tidak sehat. Dilansir Today, berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat mood Anda kurang bagus:

1. Ham
Ketimbang mengonsumsi ham, lebih baik bila Anda makan ikan yang dapat membantu meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, dan mengandung asam lemak omega 3. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008 menemukan, ikan mengandung asam lemak omega 3 sama efektifnya dengan obat anti depresi.

2. Minuman bersoda
Rata-rata orang Amerika mengkonsumsi sekira 600 kaleng soda setiap tahunnya. Selain dapat menambah jumlah lemak di dalam tubuh, mengonsumsi minuman bersoda juga dapat membuat mood menjadi buruk karena penurunan kadar gula darah secara mendadak. Ketimbang mengonsumsi minuman bersoda, lebih baik bila Anda mengonsumsi jus buah segar.

3. Margarin
Dibandingkan dengan mentega, margarin ternyata lebih buruk bagi kesehatan. Hal ini karena margarin mengandung berbagai zat penyebab radang, lemak berbahaya, dan mengandung banyak asam lemak omega 6 yang dapat membuat mood Anda menjadi buruk dan mengganggu kadar insulin di dalam tubuh.

4. Biji bunga matahari olahan
Biji bunga matahari mentah atau yang Anda proses sendiri mungkin sehat. Tapi tidak demikian halnya dengan biji bunga matahari olahan (siap saji), karena pabrik pembuatnya seringkali melapisi biji tersebut dengan sejenis pengawet, kalium bromat, yang akan menghambat penyerapan iodium oleh kelenjar tiroid.
Hal ini tentu saja akan membuat kelenjar tiroid tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, kelenjar tiroid sangat penting untuk membantu menjaga mood Anda tetap bagus. Untuk mencegahnya, selalu konsumsi biji bunga matahari mentah atau yang Anda olah sendiri.

5. Keripik kentang
Keripik kentang digoreng dengan minyak yang mengandung sangat banyak asam lemak omega 6 yang akan menghambat pembentkan asam lemak omega 3, yang penting bagi mood Anda. Selain itu, menggoreng kentang juga memicu dihasilkannya zat penyebab kanker, akrilamida.

6. Bagel
Bagel sebenarnya merupakan makanan mengandung banyak karbohidrat yang akan membuat mood Anda menjadi lebih buruk. Gantilah menu sarapan Anda dengan telur rebus yang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B, seng, dan iodium.

7. Kacang
Kacang asin yang banyak dijual bebas di pasaran mengandung sangat banyak natrium (garam) dan berbagai jenis pengawet makanan, termasuk MSG (monosodium glutamat), sejenis pengawet makanan yang telah banyak dihubungkan dengan terjadinya migrain, kelemahan, rasa seperti terbakar, suara napas berbunyi, dan kesulitan bernapas pada sejumlah orang. ** Baca juga: Yuk, Lakukan Detoks Tubuh dengan Buah & Sayur

Gantilah kacang Anda dengan kacang yang lebih sehat seperti kacang walnut yang mengandung asam lemak omega 3, kacang almond yang mengandung banyak vitamin E, dan kacang Brasil yang mengandung selenium. Disebutkan, kekurangan selenium telah terbukti berhubungan dengan terjadinya depresi dan bunuh diri.(ilj/bbs)