oleh

Hindari 5 Kebiasaan yang Bikin Warna Gigi Jadi Kuning

Kabar6-Setiap orang tentu ingin memiliki gigi putih bersinar. Sayangnya, ada banyak kebiasaan yang bisa menyebabkan warna gigi menjadi kuning. Bahkan di antaranya disebabkan oleh produk kebersihan gigi itu sendiri. Dilansir Prevention, berikut adalah beberapa penyebab yang bisa membuat gigi menjadi kuning:

1. Obat kumur
Penggunaan obat kumur yang salah bisa membuat air liur semakin berkurang, hal ini akan membuat mulut kering. Air liur sendiri adalah kombinasi mineral, enzim, dan senyawa oksigen yang menjaga keseimbangan pH di mulut, saat produksi air berlurang maka bisa mengikis enamel dan membuat gigi mudah terlapisi kotoran.

2. Terlalu banyak konsumsi buah tinggi asam
Jeruk, tomat, nanas dan beragam buah yang kandungan asam yang tinggi sebaiknya jangan terlalu sering dikonsumsi, sebab asam pada makanan ini bisa mengikis enamel yang bisa membuat gigi berubah menguning. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih buah yang bisa memutihkan gigi seperti stroberi, apel dan Blueberry.

3. Konsumsi kafein berlebihan
Mengonsumsi minuman berkafein dalam jumlah banyak setiap hari bisa membuat lapisan gigi sensitif dan akhirnya membuat gigi mudah terkotori. Anda sebaiknya mengurangi asupan minuman berkafein atau minum dengan menggunakan sedotan.

4. Merokok
Bahan kimia dalam rokok memiliki efek pewarnaan pada gigi karena menempel pada email, dan semakin lama Anda merokok, semakin mudah gigi menguning. Merokok juga bisa membuat masalah kesehatan mulut lainnya seperti penyakit gusi dan mengeroposan gigi.

5. Jarang bersihkan gigi
Menggosok gigi saja tidak cukup, Anda perlu melakukan pembersihan gigi setidaknya enam bulan sekali ke dokter gigi. Kebiasaan jarang membersihkan gigi ini membuat kotoran yang menumpuk semakin sulit dibersihkan yang bisa membuat gigi terlihat menguning. ** Baca juga: Apa Sih Beda Lari di Dalam & Luar Ruangan?

Yuk, hindari kelima kebiasaan tadi agar gigi tetap putih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru