oleh

Himpunan Masyarakat Karo Indonesia Resmi Terbentuk di Banten

Kabar6-Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) resmi membentuk sayapnya di Provinsi Banten.

Pelantikan HMKI Provinsi Banten periode 2022-2027 itu langsung dihadiri oleh Ketua Umum DPP HMKI Minola Sebayang di Batalion Arhanud 1 Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Minola menerangkan, HMKI telah terbentu selama 27 tahun dengan tujuan untuk menggali sumber daya manusia masyarakat Karo di manapun berada, agar bisa berkontribusi dan ikut ambil bagian dalam pembangunan Nasional.

“Dan juga itu berdampak bagi masyarakat itu tidak hilang begitu saja maka di MK (Masyarakat Karo, red) ini selain masalah intelektualitas dan beberapa bidang termasuk di dalamnya adalah masalah budaya karo yang kita ingin terus kembangkan sampai tingkat DPC,” ujarnya, Sabtu (27/8/2022).

Saat ini, menurutnya, semakin banyak orang Karo yang bisa berperan di dalam negara Indonesia ini untuk memberikan kontribusi kemerdekaan ini. “Warga karo tak ingin ketinggalan dan ikut terlibat melakukan negara ini,” ungkapnya.

Dirinya berharap kepada masyarakat Karo di manapun berada agar bisa berkontribusi dan ikut ambil bagian dalam pembangunan Nasional dan juga itu berdampak bagi masyarakat itu tidak hilang begitu saja.

“Maka di HMKI masalah intelektualitas dan beberapa bidang termasuk di dalamnya adalah masalah budaya Karo yang kita ingin terus kembangkan sehingga tidak hilang begitu saja potensi warga Karo,” terangnya.

Sementara itu, Ketua HMKI DPW Banten Bahagia Ginting mengatakan, ke depan pihaknya akan membentuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dengan dan juga dewan pimpinan sektor sampai ke tingkat kecamatan agar seluruh Provinsi Banten.

Setelah itu, pihaknya juga akan membentuk lembaga bantuan hukum (LBH) dan juga akan membentuk lembaga bantuan adat dan juga lembaga bantuan sosial untuk menyentuh seluruh jiwa-jiwa masyarakat Karo khususnya dan tidak lupa akan memberikan masukan ataupun kritikan yang positif kepada seluruh pemerintahan provinsi Banten.

**Baca juga: Sarang Bisnis Mesum di BSD dan Alam Sutera Digeberek 40 Orang Terjaring

“Termasuk Pemkot dan Pemkab dan juga kepada pemerintahan Kabupaten Karo di Sumatera Utara paling tidak dalam 5 tahun ke depan visi misi kita akan menghimpun seluruh kekuatan masyarakat karo Banten agar kalau bisa eksis di Provinsi Banten,” tutupnya.

Diketahui, saat ini jumlah anggota HMKI yang dilantik kurang lebih 50 orang, dan HMKI akan menyiapkan serta membentuk untuk dilanting di tingkat DPC.(Eka)