oleh

Hilangkan Kebiasaan Buruk yang Bahayakan Kesehatan Hati

Kabar6-Liver atau hati adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel yang rusak. Namun bila sel-sel yang dibutuhkan hilang, liver tidak mungkin dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Penyebab penyakit liver kronis bisa berasal dari infeksi oleh parasit dan virus.

Kelenjar terbesar dalam tubuh ini berperan penting bagi kesehatan tubuh karena salah satu fungsi hati adalah menetralisir racun yang masuk ke tubuh kita lewat makanan. Selain itu, liver juga berfungsi mengatur sirkulasi hormon serta mengatur komposisi darah kita yang mengandung lemak, gula, protein, dan zat lain.

Sementara itu tanpa disadari ada beberapa kebiasan yang sering Anda lakukan, dan hal itu ternyata berdampak buruk bagi kesehatan liver. Melansir beberapa sumber, ini dia kebiasaan buruk yang bisa berpengaruh pada kesehatan hati:

1. Begadang
Ada kalanya kita begadang atau tidak tidur semalaman untuk mengejar deadline. Namun sebaiknya ini tidak kita lakukan dengan sengaja setiap hari, ya, karena ketika kita begadang itu liver atau hati kita bekerja lebih keras. Terlebih lagi kalau kita ‘melengkapi’ begadang ini dengan ngemil dan makan makanan yang sulit didetoksifikasi seperti junk food atau cemilan lainnya, hehehe.

2. Konsumsi obat terlalu banyak
Sering mengalami pegal, pusing, atau sakit kepala jangan langsung minum obat untuk meredakannya. Istirahatkan dulu tubuh agar bisa memulihkan dirinya, dan makan makanan bergizi. Obat flu, pusing, hingga obat anti depresan itu sulit diurai oleh hati sehingga organ ini juga dipaksa bekerja keras untuk memrosesnya.

3. Mengonsumsi makanan kemasan
Makanan kemasan memang lebih praktis dan sedap disantap. Namun ingat, yang berbahaya dari makanan kemasan adalah bahan pengawet, pemanis buatan, dan bahan sintetis lainnya yang membuat liver bekerja lebih keras!

4. Menyantap makanan tinggi sodium
Knerja hati bisa terganggu juga kalau kita banyak mengonsumsi makanan tinggi sodium seperti makanan siap saji, daging olahan, dan nugget ayam beku. Begitu juga dengan sandwich asin yang terdiri atas daging asap, keju, ditambah mustard dan saus tomat!

5. Tidak buang air kecil di pagi hari
Ya, kebiasaan tidak buang air kecil di pagi hari ternyata ikut membuat ginjal kita tidak sehat. Biasakan untuk buang air kecil di pagi hari untuk membuang racun di tubuh. Racun yang terkumpul semalaman di tubuh bisa tetap tinggal dan meracuni hati jika tak dibuang keesokan paginya, lho!

6. Kebiasaan minum minuman beralkohol
Terlalu banyak minum minuman beralkohol ternyata bisa memperlambat penyerapan gizi, lho. Penyalahgunaan alkohol juga berpotensi memicu tiga penyakit hati, yaitu fatty liver, hepatitis dan sirosis hati. Regenerasi liver hanya terjadi jika Anda berhenti total mengonsumsi alkohol, sehingga kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan agar fungsi hati kembali membaik. ** Baca juga: Punya Manfaat Beda, Olahraga Pagi & Malam

Sebetulnya hati yang sehat mampu memulihkan dirinya sendiri ketika terjadi kerusakan. Namun, zat beracun tertentu seperti yang terkandung dalam alkohol bisa menyebabkan kerusakan permanen jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang lama.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru