oleh

Hilang Dicuri 46 Tahun Lalu, Penyanyi Rock Asal Kanada Akhirnya Temukan Gitar Miliknya di Jepang

Kabar6-Randy Bachman tak bisa menahan rasa haru ketika bertemu kembali dengan Gretsch Oranye, gitar kesayangannya, setelah hilang dicuri 46 tahun lalu dari sebuah hotel di Toronto.

Penyanyi rock asal Kanada bersama bandnya ‘The Guess Who’ yang merupakan penulis lagu ‘American Woman’ ini, melansir Vice, berada di Jepang untuk menerima kembali gitar yang hilang tersebut. “Wow,” kata Bachman yang tercengang. Pria itu memegang gitar dengan penuh kasih dan menyetelnya di atas panggung. Gretsch Oranye berhasil ditemukan atas bantuan seorang penggemar yang juga detektif Kanada.

Rocker itu membeli gitar model Chet Atkins 6120 saat remaja di awal 1960-an seharga U$400. Uang itu ditabung dengan susah payah dari hasil memotong rumput, mencuci mobil, dan mengasuh anak. Dia telah lama mengagumi instrumen itu, dan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk memandanginya di etalase toko di Winnipeg bersama temannya sesama musisi, Neil Young.

Gitar itu sangat berarti bagi Bachman. Bahkan, dia akan mengikatnya ke toilet hotel saat tur. “Semua orang di band mengolok-olok saya. Namun karena saya bekerja sangat keras untuk mendapatkan gitar ini, saya tidak ingin itu dicuri,” ungkap Bachman. ** Baca juga: Bikin Suami Rajin Datang ke Sekolah, Para Ibu di Tiongkok Minta Seorang Guru TK Berwajah Cantik Dipecat

Pada 1976, Bachman mempercayakan gitar tersebut kepada seorang pegawai tour band. Sayangnya, gitar itu malah diletakkan dalam sebuah ruangan dengan barang bawaan lainnya saat band sedang check out. Setelah itu, mereka baru menyadari Gretsch Oranye hilang. Selama beberapa dekade, Bachman berupaya menemukan gitar kesayangannya tapi gagal. Gitar itu memiliki ciri simpul kecil berwarna gelap di serat kayu di depannya.

Kemudian, seorang penggemar asal Kanada, William Long (58), memutuskan untuk membantu pencarian pada 2020. Long membandingkan gambar lama instrumen curian dengan gambar model baru dan yang diarsipkan di situs web toko gitar di seluruh dunia. “Saya detektif dan yakin akan menemukannya. Saya menemukannya dengan cepat setelah melihat 300 gambar Gretches oranye,” terang Long.

Namun dari ratusan foto itu tidak ada yang cocok dengan gitar milik Bachman. Hingga akhirnya, Long menemukan satu di situs toko gitar Tokyo. Pencarian lebih lanjut mengarahkan Long ke musisi Jepang bernama Takeshi. Dia lihat Takeshi memainkan gitar kesayangan Bachman di video YouTube.

Takeshi, yang selalu menginginkan Gretsch vintage, mengaku membeli gitar Bachman pada 2014 seharga sekira US$6.300. Long pun memberitahu Bachman tentang penemuannya.

Bachman lantas mengatur jadwal untuk ke Tokyo. Dia ingin menukar gitar asli Bachman dengan yang lain dari jenis yang sama dan juga dibuat pada 1957. Dan, dalam sebuah acara yang diadakan pada ‘Hari Kanada’, Bachman dan Takeshi berpelukan erat dan kemudian bermain bersama.(ilj/bbs)