oleh

Hii…Benda Ini Banyak Mengandung Kuman

Kabar6-Seperti diketahui, kuman dan bakteri bertebaran di mana-mana, terutama di tempat atau benda-benda yang terlihat kotor.

 

Namun Anda mungkin belum mengetahui jika kuman dan bakteri pun ternyata terdapat juga pada benda yang secara kasat mata terlihat bersih. Penasaran? Ini dia uraiannya:

 

1. Handuk

Menurut penelitian di University of Arizona, handuk juga mengandung bakteri E.Coli, bakteri yang biasanya ada pada kotoran manusia.

 

Salah satu penyebabnya adalah karena handuk seringkali dibiarkan lembab, yang merupakan tempat favorit bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak.

 

Jadi jangan malas untuk selalu menjemur handuk di bawah sinar matahari serta mencuci seminggu sekali dengan menggunakan air panas.

 

2. Ponsel

Kuman dan bakteri yang terdapat pada ponsel ini datang dari tangan kita yang baru saja memegang benda-benda kotor. Ponsel sering dibawa ke berbagai tempat, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, sehingga bakteri pun mudah berpindah ke permukaan ponsel. Salah satu akibatnya adalah muncul jerawat pada wajah.

 

3. Spons pencuci piring

Bakteri-bakteri ini timbul karena adanya sisa-sisa makanan yang terselip di lubang-lubang kecil pada spons. Tidak mengherankan jika spons pencuci piring disebut sebagai benda paling jorok di dalam rumah. Solusinya adalah jangan lupa untuk mengganti spons penuci piring secara berkala.

 

4. Sikat gigi

Siapa sangka sikat gigi ternyata menyimpan banyak bakteri serta kuman. Terlebih sikat gigi tersebut memiliki penutup/pelindung.

 

Kondisi yang basah serta lembab membuat bakteri dan kuman mudah muncul pada area sikat gigi terutama di bulu sikatnya. Jadi sehabis menyikat gigi, sebaiknya dikeringkan dengan menggunakan tisu, sebelum disimpan kembali.

 

5. Tas tangan

Barang kesayangan kaum hawa ini berpotensi menjadi sarang kuman, karena sering dibawa serta ditaruh di berbagai tempat, seperti di meja kantor, kursi bus, bahkan di toilet. Nah, tempat-tempat tersebut merupakan banyak mengandung kuman dan bakteri berbahaya. ** Baca juga: Tinggalkan Kebiasaan yang Bikin Cepat Tua

 

Jadi, jangan malas menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, untuk meminimalisir adanya bakteri dan kuman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru