oleh

Hii…London Diserang Ulat Bulu

Kabar6-Pemerintah kota London, Inggris, memperingatkan wabah ulat bulu berjenis thaumetopoea processionea kepada warganya. Tak hanya memiliki bulu yang panjang dan menakutkan, ulat ini ternyata juga bisa memicu gejala asma, muntah-muntah, iritasi kulit, hingga demam parah.

Wabah ulat bulu, melansir BBC, yang mulai muncul pada pertengahan bulan April 2018 lalu diketahui setelah seorang tukang kebun harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami alergi parah setelah terkena bulu ulat jenis tadi. Awalnya tukang kebun tersebut hanya mengalami ruam-ruam kulit biasa, gejala yang umum terjadi karena terkena bulu ulat. Namun, semakin lama tubuhnya mengalami pembengkakan dan matanya berair sehingga langsung dibawa ke rumah sakit.

Diketahui, ulat berjenis thaumetopoea processionea ini ternyata memiliki 62 ribu helai bulu di tubuhnya yang berukuran kecil. Hal yang menjadi masalah adalah, bulu ini akan dilontarkan jika sang ulat merasa dalam bahaya. Padahal, keberadaan manusia di sekitarnya bisa saja dianggap sebagai bahaya bagi si ulat. Tidak hanya itu, racun yang ada pada bulu ulat tersebut ternyata juga bisa aktif hingga lima tahun lamanya, yang bisa memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh. ** Baca juga: Demi Bayar Utang, Seorang Suami Diam-diam Jual Ginjal Istrinya

Pihak Departemen Kehutanan pun langsung melakukan tindakan penyemprotan pestisida pada pohon yang ada di Kota London, termasuk yang ada di taman-taman berukuran besar dan yang kerap dijadikan tempat berkumpul warga. Sayangnya, program penyemprotan ini belum tentu bisa mengatasi wabah ulat bulu yang ada di Kota London sehingga warga pun disarankan menjauh dari lingkungan yang penuh dengan tanaman hijau terlebih dahulu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru