oleh

Hii…100 Juta Kuman Bisa Hidup di Kamar Mandi

Kabar6-Kamar mandi seringkali menjadi salah satu bagian rumah yang diabaikan kebersihannya. Padahal menurut hasil sebuah penelitian, dalam kamar mandi bisa terdapat lebih dari 100 juta kuman yang berisiko menyebabkan penyakit pada manusia.

Mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur senang sekali tumbuh di daerah lembap dan tersembunyi. Bukan hanya jumlahnya yang banyak, melansir Okezone, tapi jenisnya juga banyak. Untuk jumlah kuman yang berpotensi hidup dan berkembang di toilet serta kamar mandi, rata-rata dalam feses (kotoran) seseorang di kondisi normal saja bisa terdapat 11 miliar kuman per gram.

Tentu saja karena WC dalam kamar mandi memang tempat kita membuang kotoran dan sisa makanan. Jadi ada ratusan juta kuman di dalamnya.

Sedangkan untuk variasi jenis, beberapa jenis kuman yang sering ditemukan di kamar mandi di antaranya adalah bakteri Salmonella, E.coli, Listeria, Shigella, Cholera, Typhoid, dan Rotavirus. Jenis kuman inilah yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. ** Baca juga: Riset: Orang yang Egois Mudah Cemas dan Depresi

Penyakit yang dimaksud antara lain diare, tifus, gangguan saluran pernapasan dan pencernaan, sampai penyakit kulit. Salah satu cara mengurangi risiko terpapar kuman-kuman ini adalah dengan membersihkan toilet dan kamar mandi dengan benar secara teratur, serta mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru